Berita MotoGP: Performa di Lintasan Tak Konsisten, Jorge Lorenzo Salahkan Ban Michelin

Penulis: amila
Kamis 13 Okt 2016, 18:36 WIB
Berita MotoGP: Performa di Lintasan Tak Konsisten, Jorge Lorenzo Salahkan Ban Michelin

Jorge Lorenzo / sportrider

Ligaolahraga – Berita MotoGP: Jorge Lorenzo menjadi salah satu pebalap yang menganggap peralihan suplier ban dari Bridgestone musim lalu yang kemudian digantikan oleh Michelin musim ini membuat performa para pebalap tak bisa konsisten saat mengaspal di lintasan.

Peralihan suplier ban di ajang MotoGP rupanya membawa dampak besar bagi para rider. Jorge Lorenzo menilai perubahan supllier ban Bridgestone musim lalu yang kemudian digantikan oleh Michelin musim ini menjadi faktor yang memengaruhi penampilan para rider di lintasan.

“Saat ban depannya bermasalah, pasti akan sulit untuk menyeimbangkan motornya kembali dan untuk berusaha tidak terjatuh. Dengan ban Michelin kemungkinan 90% Anda akan terjatuh, tak seperti tahun lalu. Itulah mengapa banyak para rider banyak membuat kesalahan di musim ini lalu gagal mencetak poin dalam Kejuaraan. Bahkan Marquez pun masih sering jatuh saat sesi latihan, meski saat balapan ia selalu berhasil finis. Dan dengan banyaknya para rider Yamaha yang membuat kesalahan, Marquez pun makin unggul dalam klasemen," jelas Lorenzo.

“Saya pun merasa lebih kompetitif saat melaju dengan ban Bridgestone, di segala kondisi dan di semua lintasan. Namun dengan Michelin yang dipakai saat ini, saya merasa sangat kesulitan, bahkan sejak pertama kali menggunakan ban basah depannya yang rasanya terlalu lunak," tandasnya.

Meski sempat mengalami beberapa kali insiden saat kondisi basah pada 2013 lalu, Lorenzo pun berhasil mencetak beberapa kemenangan dalam balapan yang berat, seperti kemenangan pertama di musim 2014 saat balapan sengit di MotorLand Aragon, lalu P4 saat di Silverstone 2015 silam, kemudian saat Lorenzo memimpin balapan basah di Motegi musim lalu ketika perebutan gelar sedang memanas. Dengan mesin baru yang akan segera ditungganginya sebentar lagi, pebalap dari Mallorca ini sudah tak sabar menjajal ban Michelin dengan motor barunya.

“Jika Michelin tak bisa memperbaiki ban depannya agar lebih kompetitif, saya mungkin masih akan kehilangan banyak poin nantinya. Saya pun belum tahu bagaimana rasanya ban tersebut jika memakai Ducati, sepertinya lebih mudah merasakan limitnya karena para ridernya nampak sangat cepat. Tapi kita lihat saja bagaimana nantinya,” akhirnya.

Artikel Tag: Gigi Dall'igna, Ducati, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Movistar Yamaha, motogp jepang, gp motegi

2321  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini