Berita MotoGP: MotoGP World Championship 2016 Dianggap Paling Fenomenal

Penulis: Datuk Nofri
Senin 03 Okt 2016, 00:06 WIB
Berita MotoGP: MotoGP World Championship 2016 Dianggap Paling Fenomenal

Para pebalap MotoGP bersiap di posisi start di Grand Prix Aragon pekan lalu

Ligaolahraga - Menjelang seri ke-15 yang akan berlangsung di Sirkuit Twin Ring Motegi Jepang pada pertengahan bulan ini, arena balapan MotoGP telah menghasilkan delapan pebalap yang tampil sebagai juara dan hal ini belum pernah terjadi di masa-masa sebelumnya selama hampir tujuh dekade penyelenggaraan balapan motor kelas premier.

Musim balapan MotoGP World Championship 2016 ini dinilai sebagai musim balapan paling seru dan mendebarkan karena adanya sejumlah perubahan yang diterapkan Dorna Sports selaku otoritas penyelenggara balapan motor kelas premier ini.

Menjelang seri ke-15 yang akan berlangsung  di Sirkuit Twin Ring Motegi Jepang pada pertengahan bulan ini, arena balapan MotoGP telah menghasilkan delapan pebalap yang tampil sebagai juara dan hal ini belum pernah terjadi di masa-masa sebelumnya selama hampir tujuh dekade penyelenggaraan balapan motor kelas premier.

Maka tidaklah berlebihan bila sebagian pihak menganggap musim sekarang sebagai era keemasan balapan MotoGP.

Dari 14 seri yang telah diselenggarakan, Marc Marquez untuk sementara masih berada di pucuk klasemen dan sangat berpeluang untuk meraih gelar juara dunianya yang ketiga setelah pebalap Spanyol berusia 23 tahun ini meraihnya pada dua musim beruntun pada 2013 dan 2014 lalu.

Marquez telah meraih gelar juara di empat seri grand prix musim ini yaitu di Grand Prix Argentina, Grand Prix Amerika di Austin, Grand Prix Jerman dan terakhir di Grand Prix Aragon yang berlangsung pekan lalu.

Pebalap Spanyol lainnya yang masih berpeluang untuk mempertahankan gelar juara dunianya musim lalu Jorge Lorenzo telah meraih tiga gelar juara di  Grand Prix Qatar yang merupakan seri pertama musim ini, diikuti dengan kemenangannya di Grand Prix Prancis dan di Grand Prix Italia pada Mei lalu.

Sementara rekan setim Lorenzo di tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi kini juga masih memiliki peluang untuk merebut gelar juara dunianya yang kesepuluh kalinya. Pebalap Italia itu kini berada di peringkat kedua klasemen diantara Marquez dan Lorenzo.

Rossi musim ini baru dua kali meraih gelar juara yaitu di Jerez dan di Catalunya yang keduanya berlangsung di tanah Spanyol.

Meskipun grafik penampilan Rossi pada paruh kedua musim ini cenderung stabil dengan meraih 4 podium beruntun dari lima seri grand prix sejak Agustus, namun karena tiga kali DNF yang didapatnya pada paruh pertama membuat selisih pointnya di klasemen dari Marquez berselang sangat jauh yakni 52 point.  

Sementara Jack Miller, Cal Crutchlow, Maverick Vinales dan Dani Pedrosa masing-masing memperoleh satu kali kemenangan. Berbeda dengan Pedrosa, bagi Miller, Crutchlow dan Vinales, kemenangan mereka musim ini merupakan yang pertama mereka raih selama karier mereka di arena balapan MotoGP.

Apakah 4 seri tersisa di musim ini kembali menghadirkan juara baru? Apakah Marquez bisa merebut juara dunianya yang ketiga kalinya atau apakah Rossi atau Lorenzo bisa menggagalkan impian Marquez nantinya? Kita tunggu saja …

 

 

 

 

 

Artikel Tag: MotoGP 2017, MotoGP World Championship

8686  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini