Berita MotoGP: Jelang GP Austria, FIM Putuskan untuk Lakukan Sedikit Perubahan pada Satu Tikungan di Sirkuit Red Bull Ring

Penulis: Datuk Nofri
Kamis 11 Agu 2016, 23:01 WIB
Berita MotoGP: Jelang GP Austria, FIM Putuskan untuk Lakukan Sedikit Perubahan pada Satu Tikungan di Sirkuit Red Bull Ring

Jelang GP Austria, FIM telah mempersempit satu tikungan di Sirkuit Red Bull Ring

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Demi alasan keamanan para pembalap menjelang GP Austria 2016, FIM memutuskan untuk mempersempit tikungan terakhir di Sirkuit Red Bull Ring yang menjadi arena GP Austria 2016 yang akan mulai dilaksanakan sejak Jumat pekan ini hingga Minggu.

Sirkuit Red Bull Ring yang akan menjadi tempat penyelenggaraan MotoGP Championship 2016 mengalami sedikit prubahan dimana tikungan terakhirnya dibuat menjadi lebih mengecil untuk mencegah para pembalap tetap melaju kencang saat melewatinya.

Tikungan tersebut dipersempit 3 meter sehingga para pembalap harus menurunkan kecepatannya menyusul sejumlah kecelakaan yang terjadi pada beberapa pembalap F1 sebelumnya.  

Keputusan untuk melakukan perubahan tersebut secara proaktif dilakukan oleh Franco Uncini selaku FIM safety officer setelah terlebih dahulu melakukan sejumlah pembicaraan dengan para pembalap.

Sejumlah pembalap sebelumnya mengkhawatirkan tingkat keselamatan mereka saat melewati tikungan itu, salah satunya Casey Stoner yang kini menjadi test rider tim Ducati.

Stoner kembali mengingatkan akan rawannya tikungan itu dan meminta pihak penyelenggara untuk memperkecil area run-off yang ada.

 

Sirkuit Red Bull Ring bukanlah satu-satunya sirkuit yang mengalami perubahan yang diajukan kepada FIM selaku badan yang berwenang, baik untuk F1 maupun MotoGP.

Demi lasan yang sama, Sirkuit Silverstone di Inggris juga pernah mengalami desain ulang pada 2010 lalu, begitu juga dengan Sirkuit Monza di Italia pada 2014 lalu.

Yang masih segar dalam ingatan, tentu saja Sirkuit Montmelo yang menjadi arena Grand Prix Barcelona, merupakan sirkuit terakhir yang mengalami sedikit perubahan menyusul kecelakaan hebat yang terjadi pada Luis Salom, yang mengakibatkan pembalap Moto2 itu tewas tak lama setelah mengalami kecelakaan pada Juni lalu.

 

Artikel Tag: motogp, Red Bull Ring, GP Austria, FIM

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/berita-motogp-jelang-gp-austria-fim-putuskan-untuk-lakukan-sedikit-perubahan-pada-satu-tikungan-di-sirkuit-red-bull-ring
6408  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini