Olimpiade Tokyo: Raih Medali Olimpiade Golf Kedua, Lydia Ko Cetak Sejarah

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Minggu 08 Agu 2021, 02:00 WIB
Olimpiade Tokyo: Raih Medali Olimpiade Golf Kedua, Lydia Ko Cetak Sejarah

Lydia Ko via Reuters

Ligaolahraga.com -

Berita Olimpiade Tokyo: Pegolf dari Selandia Baru, Lydia Ko, yang sudah biasa membuat tonggak sejarah sepanjang kariernya, kembali menorehkan tinta emas di Olimpiade Tokyo 2020. Dia kini tak hanya pembuat sejarah golf, namun juga pembuat sejarah Olimpiade.

Ko menasbihkan diri sebagai pegolf pertama yang memenangkan beberapa medali Olimpiade, usai meraih perunggu di Olimpiade Tokyo pada putaran terakhir, di Kasumigaseki Country Club di Saitama, hari Sabtu (7/8).

Dilansir i.stuff.co.nz, usai menyabet perak di Rio 2016, perunggu di Tokyo 2020 membuat Ko mengoleksi dua medali golf Olimpiade, lebih banyak dari pegolf lain dalam olahraga yang hanya dimainkan empat kali di ajang Olimpiade, tahun 1900, 1904, 2016, dan tahun ini.

Pegolf berusia 24 tahun harus bermain playoff melawan Mone Inami dari Jepang untuk menentukan peraih medali perak dan perunggu, sebab keduanya mencetak skor mengesankan serupa, enam di bawah par 65. Mereka kalah satu pukulan dari pegolf Amerika, Nelly Korda, yang memenangkan emas dengan total 17 di bawah par setelah mencetak skor 69.

Lydia Ko mengedipkan mata lebih dulu ketika dia menemukan bunker fairway di hole playoff pertama dan tidak berhasil membuat par, sehingga harus merelakan medali perak jatuh ke wakil tuan rumah.

Dalam wawancara dengan TV jaringan Amerika NBC, atlet kelahiran Seoul, Korea Selatan itu kemudian mendedikasikan medali perunggunya untuk neneknya, yang meninggal minggu lalu.

"Dalam kehidupan pribadi kami, kami kehilangan nenek kami dalam seminggu yang lalu dan saya kira saya juga bermain untuknya. Saya hanya ingin membuat keluarga kami bangga, negara kami bangga, dan memenangkan medali bagi mereka itu sangat berarti, bukan untukku tapi untuk semua orang yang telah melakukan perjalanan ini bersamaku. Ini untuk nenekku."

Partai itu adalah hari terakhir memikat yang sarat dengan birdie, bogey, pemain masuk dan keluar dari perebutan medali, dan bahkan sentuhan dramatis dengan penundaan 30 menit karena badai petir, tepat saat permainan menyisakan dua lubang lagi.

Pada situasi semua itu Ko tetap tenang, tidak lebih dari memakukan par putt lima kaki di lubang ke-72 untuk mengamankan medali, sekaligus menambahkan medali ke-20 ke penghitungan rekor Selandia Baru berkat memecahkan rekor di Olimpiade Tokyo.

"Bagi saya untuk dapat menambahkannya jelas merupakan suatu kehormatan besar," kata Ko. "Saya berharap bisa membawa medali warna yang berbeda, tetapi secara keseluruhan untuk dapat membawa medali untuk Selandia Baru, saya berharap semua orang di rumah bangga. Ini untuk Selandia Baru," tegas Lydia Ko.

"Merupakan kehormatan besar untuk dapat membawa dua medali bagi Selandia Baru. Untuk menjadi peraih medali dua kali di beberapa Olimpiade terakhir, nyaman untuk mengatakan saya benar-benar menikmati dua penampilan saya di Olimpiade." Tutupnya.

Artikel Tag: lydia ko, Nelly Korda, olimpiade tokyo 2020

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/golf/olimpiade-tokyo-raih-medali-olimpiade-golf-kedua-lydia-ko-cetak-sejarah
4572  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini