Mantan Pegolf Nomor Satu Dunia Adam Scott Positif Covid-19

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Jumat 23 Okt 2020, 10:00 WIB
Mantan pegolf nomor satu dunia Adam Scott positif Covid-19

Adam Scott via BBC

Berita Golf: Mantan pegolf nomor satu dunia, Adam Scott resmi dinyatakan positif terpapar virus corona (Covid-19). Hal tersebut membuatnya harus mundur dari ajang Zozo Championship PGA Tour pada Rabu (21/10), sesuai aturan protokol yang dibuat PGA Tour.

Scott, juara Masters tahun 2013, yang pada awal tahun ini telah memenangkan Genesis Invitational, akan digantikan pegolf lainnya Jim Herman untuk tampil di Zozo Championship yang akan berlangsung di Sherwood Country Club.

"Meskipun itu berita yang sulit untuk diterima, karena saya sangat menantikan untuk bermain minggu ini. Fokus saya sekarang adalah pada pemulihan hingga akhir musim gugur," ungkap Adam Scott dalam sebuah pernyataan dikutip dari ESPN.

Sementara itu, dilansir bbc.com, PGA Tour juga akan memberikan dukungan penuh pada pegolf berusia 40 tahun itu selama periode isolasi mandiri dirinya.

Sebelumnya, pemain golf peringkat satu dunia saat ini Dustin Johnson juga dinyatakan positif virus Covid-19, sehingga ia harus mundur dari CJ Cup di Las Vegas pekan lalu.

Menurut PGA Tour, Scott adalah pemain ke-15 yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 sejak turnamen PGA Tour kembali digelar pada bulan Juni menyusul penghentian 13 minggu karena pandemi virus corona. Ini adalah minggu ke-19 turnamen sejak kembali bergulir.

Adam Scott yang saat ini berada di peringkat 15 dunia, baru bermain empat kali sejak PGA Tour kembali dimulai, dan event terakhirnya adalah pertandingan ke-38 di US Open.

Usai penutupan, Scott kembali kampung halamannya Australia, dan mengatakan di bulan Mei ketika PGA Tur berencana kembali dimulai bahwa ia merasa tidak nyaman dengan protokol tersebut.

"Mereka cukup teliti, tapi reaksi awal saya adalah saya terkejut ternyata (protokol) tidak seketat itu," kata Scott kepada AAP pada Mei.

Selain itu, Scott juga memiliki perhatian terhadap pembahasan, di mana PGA Tour mengharapkan pengembalian hasil tes dalam satu atau dua jam sebelum kompetisi.

"Kekhawatiran lainnya adalah tampaknya orang tanpa gejala dapat beroperasi dalam turnamen. Jika mereka tidak menunjukkan gejala dan entah bagaimana saya masuk ke dalam lapangan lalu didiskualifikasi, dan saya tidak mengisolasi diri (di kota itu) selama dua minggu. Saya akan kesal jika itu terjadi," tegas Scott.

"Saya pikir Anda akan memulai dengan cukup ketat dan melonggarkan protokol tersebut menjadi normal, jika sesuai," tambahnya.

PGA Tour juga telah mengubah beberapa aturan tersebut, termasuk mengizinkan pemain untuk melakukan perjalanan selama 10 hari setelah mengalami gejala.

Artikel Tag: Adam Scott, Covid-19, Zozo Championship

601  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini