Jack Nicklaus: Permainan Golf Sekarang Terlalu Lama

Penulis:
Jumat
Jack Nicklaus: Permainan Golf Sekarang Terlalu Lama

Jack Nicklaus/Golf News Net

Berita Golf: Legenda hidup golf Jack Nicklaus mengungkapkan kemajuan teknologi peralatan bisa menjadi penyebab lamanya permainan golf akhir-akhir ini. Dia meminta pihak berwenang untuk berbuat sesuatu agar permainan golf tak berlangsung lama. Salah satunya membuat bola tak melesat terlalu jauh.

Soal waktu permainan golf di PGA Tour kembali menjadi perbincangan di seluruh dunia akhit-akhir ini. Khususnya di Farmers Insurance Open, Januari lalu. Dalam kejuaraan di padang golf Torrey Pines itu, tiga bola terakhir harus diselesaikan dalam waktu enam jam.

Para pegolf juga kembali melontarkan kritik dalam ajang di Riviera akhir pekan lalu saat turnamen hari pertama dan kedua dihentikan lantaran hari sudah gelap meski tak ada gangguan cuaca. Nicklaus bersikukuh penyebab kian lamanya pertandingan golf adalah karena lapangan telah diperluas secara signifikan untuk mengakomodasi bola golf moderen.

Berbicara menjelang kejuaraan Honda Classic di PGA National, Nicklaus mengatakan, “Permainan terlalu lama dan penyebab utamanya adalah bola golf. Dulu kita bermain di lapangan golf yang panjangnya 6.500 yard atau 6.600 yard, dan itu adalah arena golf untuk sebuah kejuaraan,” kata pegolf berjulukan Beruang Emas ini.

“Saat ini lapangan golf memiliki panjang 7.500 atau 7.600 yard. Lapangan golf dulu semuanya lebih dekat. Tempat pukulan awal dan tempat memukul akhir semuanya lebih dekat. Namun padang golf zaman sekarang berjauhan mengakomodasi real estate,” kata pegolf yang menjuarai 18 kejuaraan utama golf dunia ini.

“Menurut saya, permaianan golf butuh waktu lebih lama saat ini dan saya menganggap ini bukanlah hal yang bagus. Menurut saya masalahnya ada pada bola golf. Jika ukuran bola dikembalikan 20 persen seperti dulu maka permainan golf akan seperti sebelumnya sekitar 1995 saat kami masih bermain golf dengan bola lama,” dia menambahkan.

“Saat saya mulai menggeluti golf, pemain terbaik adalah yang bermain cepat. Mereka bermain sekitar tiga atau tiga jam 10 menit. Itu tak terjadi saat ini,” paparnya lagi.

"Permainan saat ini adalah pertandingan yang hebat. Pertandingan saat saya bermain juga hebat. Pertandingan yang mereka mainkan 20 tahun sebelum saya juga pertandingan yang hebat. Namun, seiring perubahan waktu, saya pikir Anda perlu mengubahnya. Orang tak perlu menghabiskan lima jam untuk bermain golf,” ujarnya.

“Banyak orang yang tak memiliki uang untuk bisa melakukannya (bermain golf yang menghabiskan waktu lama). Mereka pun mendapati permainan ini membuat frustrasi dan sangat sulit. Jika permainan ini dikembalikan seperti sebelumnya maka akan banyak banyak persoalan teratasi,” imbuh peraih enam gelar The Masters ini.

“Demi kebaikan permainan ini. Kita harus membatasi permainan ini menjadi paling lama 3,5 jam per hari. Olahraga lain juga yang disiarkan televisi hanya berlangsung tiga jam atau lebih banyak yang kurang dari itu kecuali tenis yang memainkan lima set. Namun olahraga lainnya dimainkan dalam jangka waktu itu,” paparnya.

Nicklaus juga mengungkapkan dirinya pernah mengingatkan bahwa olehraga ini akan berhadapan dengan “perang sejauh mana bola golf akan melesat” sejak awal 1977.

“Permainan golf seharusnya tak ditentukan oleh seberapa jauh kemampuan pegolf memukul bola,” kata Nicklaus. “Permainan golf seharusnya ditentukan oleh seberapa bagus Anda memainkan bola bukan seberapa jauh Anda memukulnya. Dan meski saya tergolong pemukul bola yang jauh, saya selalu menikmati permainan memukul dalam jarak dekat,” papar Nicklaus.

Artikel Tag: jack nicklaus, Golf, the masters, PGA tour, Farmers Insurance Open, berita golf

5392