Greg Norman: Bergabungnya Jon Rahm Memvalidasi Format LIV

Penulis: Hanif Rusli
Kamis 14 Des 2023, 12:01 WIB
CEO dan komisaris LIV Golf League Greg Norman (kanan) menyambut Jon Rahm bergabung dengan LIV Golf. (Foto: LIV Golf)

CEO dan komisaris LIV Golf League Greg Norman (kanan) menyambut Jon Rahm bergabung dengan LIV Golf. (Foto: LIV Golf)

Ligaolahraga.com -

CEO dan komisaris LIV Golf League Greg Norman mengatakan bahwa bergabungnya pegolf asal Spanyol Jon Rahm, pegolf peringkat ketiga dunia, pekan lalu, merupakan validasi atas format sirkuit 54 lubang yang menggabungkan golf perorangan dan beregu.

Norman, yang berbicara kepada ESPN dari Riyadh, Arab Saudi, pada Rabu (13/12) pagi, mengatakan bahwa beberapa pemain telah menghubungi para pejabat LIV Golf League untuk menanyakan tentang tempat yang tersisa dalam tim yang akan dikapteni Rahm.

"Saya pikir kabar ini sudah tersebar di antara semua pemain di seluruh dunia, bahkan para pemain top, pemain terbaik di dunia," kata Greg Norman. "Mereka menyukai format kami, mereka menyukai platform kami, mereka menyukai semangat tim, atmosfer tim. Dan sejujurnya, saya melihat hal itu beresonansi dengan sangat, sangat keras tahun ini. Dan jelas, Jon adalah tambahan yang luar biasa bagi kami."

Greg Norman mengatakan sekitar delapan hingga 12 pemain bersaing untuk memperebutkan dua atau tiga tempat yang tersedia di daftar pemain LIV Golf League. Pada hari Senin lalu, Tony Finau mengumumkan di media sosial bahwa ia berencana untuk kembali ke PGA Tour pada tahun 2024. Ada spekulasi bahwa Finau mungkin sedang mempertimbangkan untuk pindah ke LIV Golf.

Rahm, juara bertahan Masters, menandatangani kontrak multi-tahun senilai lebih dari $300 juta, menurut sumber.

"Saya akan jujur kepada Anda, sejak Jon menandatangani kontrak, saya tahu dia dibanjiri pemain yang mengatakan, 'Saya ingin bermain di tim Anda, Jon. Bagaimana saya bisa bergabung?" kata Greg Norman. "Dan saya telah dibanjiri oleh anggota tim saya yang lain, juga para C-suite saya di dalam organisasi. Saya dapat memberitahu Anda, dengan jujur, antara delapan hingga 12 orang untuk sekitar dua atau tiga tempat dan mungkin dua tempat, sejujurnya."

Dana Investasi Publik Arab Saudi (PIF) mendanai Liga Golf LIV, yang memulai musim ketiganya di Mayakoba, Meksiko, pada 2-4 Februari. Pada 6 Juni, PIF menandatangani perjanjian kerangka kerja dengan PGA Tour dan DP World Tour untuk menggabungkan properti komersial mereka, termasuk LIV Golf. Perjanjian kerangka kerja tersebut memiliki tenggat waktu 31 Desember.

Komisaris PGA Tour, Jay Monahan, dijadwalkan untuk bertemu dengan Yasir Al-Rumayyan, gubernur PIF, pekan ini. Dewan kebijakan PGA Tour memberi tahu para pemain dalam sebuah memo pada hari Minggu lalu bahwa mereka melanjutkan negosiasi untuk membentuk kemitraan dengan Strategic Sports Group, konglomerat investor yang berbasis di AS yang dipimpin oleh Fenway Sports Group, dan melanjutkan pembicaraannya dengan para pejabat PIF.

Greg Norman mengatakan kepada ESPN bahwa LIV Golf League akan terus berlanjut sebagai "entitas yang berdiri sendiri", terlepas dari apa yang terjadi dengan aliansi PGA Tour/PIF.

"Saya sama sekali tidak terlibat dalam perjanjian kerangka kerja itu," kata Greg Norman. "Saya di sini menjaga LIV dan menjalankan LIV, tetapi sangat menyenangkan melihat ekuitas swasta masuk ke dalam permainan golf dan berinvestasi dalam permainan golf. Saya berharap hal ini akan terjadi dalam berbagai cara, bentuk atau wujud. Ini demi kemajuan para pemain.

"Sebagai mantan pemain, saya mendukung hak-hak pemain independen. Saya mendukung para pemain untuk mendapatkan lebih banyak uang dan pergi ke tempat yang mereka inginkan untuk mendapatkan lebih banyak uang atau bahkan tinggal di suatu tempat untuk mendapatkan lebih banyak uang, dan Anda dapat melihatnya sekarang. Jadi, saya berharap ada kesepakatan dalam beberapa cara, bentuk atau bentuk, tentang investasi ekuitas swasta ke dalam golf. Kami sudah mendapatkannya. Semoga hal ini juga terjadi di lembaga-lembaga lain."

Perjanjian kerangka kerja awal antara PGA Tour dan PIF memberikan kewenangan kepada Monahan untuk menentukan masa depan LIV Golf. Dalam kesaksiannya di depan Sub-Komite Permanen Senat AS untuk Investigasi pada bulan Juli, kepala operasi PGA Tour Ron Price mengatakan kepada para senator bahwa jika tur dan PIF mencapai kesepakatan, posisi Norman akan dihapuskan.

"Kami tidak akan lagi memiliki persyaratan untuk posisi seperti itu," kata Price.

Greg Norman mengatakan bahwa komentar Price tidak berdasar dan menggambarkannya sebagai "white noise". Norman mengatakan bahwa ia belum berbicara dengan Monahan sejak perjanjian kerangka kerja tersebut diumumkan lebih dari enam bulan yang lalu.

"Saya masih duduk di sini," kata Norman. "Saya masih mendapat dukungan dari investor saya, dan memang begitulah adanya. Orang-orang bisa mengatakan apa yang ingin mereka katakan tanpa mengetahui hasilnya."

Ketika LIV Golf League merilis sebagian besar jadwal untuk tahun 2024 bulan lalu, mereka tidak menyertakan turnamen di klub-klub yang dimiliki oleh mantan Presiden AS Donald Trump. Lapangan milik Trump di Sterling, Virginia; Bedminster, New Jersey; dan Miami menjadi tuan rumah lima acara LIV Golf dalam dua musim pertama sirkuit ini, termasuk kejuaraan beregu dan perorangan pada tahun 2022 dan 2023.

LIV Golf tidak menyebutkan lokasi untuk turnamen bulan Maret di Arab Saudi dan turnamen 5-7 April di AS dalam pengumuman bulan lalu. Rincian kejuaraan perorangan dan beregu akhir musim juga tidak diungkapkan.

Ketika Greg Norman ditanya mengapa sirkuitnya tidak akan singgah di padang golf Trump pada tahun 2024, ia mengatakan kepada ESPN, "Saya tidak tahu itu masalahnya."

Ketika Norman ditanya apakah LIV Golf memang akan bermain di lapangan Trump tahun depan, dia berkata, "Anda harus menunggu dan melihatnya nanti."

Artikel Tag: Greg Norman

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/golf/greg-norman-bergabungnya-jon-rahm-memvalidasi-format-liv
3853  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini