Yuki Tsunoda Tak Terima Dapat Penalti di GP Spanyol

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 06 Jun 2023, 23:10 WIB
Yuki Tsunoda

Yuki Tsunoda

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Yuki Tsunoda merasa kesal karena dituduh sengaja membuat Guanyu Zhou keluar lintasan di GP Spanyol, padahal ia sudah memberikan ruang untuk menyalip.

Yuki Tsunoda mendapat hukuman penalti waktu lima detik di GP Spanyol sehingga turun dari P9 ke P12. Itu terjadi setelah Steward memutuskan sang pebalap bersalah atas senggolan dengan Guanyu Zhou hingga rivalnya keluar trek.

Tsunoda pun batal membawa pulang poin dari Sirkuit Barcelona, sementara Zhou naik ke posisi kesembilan. Pemuda asal Jepang itu sempat tak terima dengan penalti yang diterimanya dan mengecam keputusan steward. Ia menuduh Zhou sengaja ‘berpura-pura’ keluar jalur dengan melakukan run-off.

“Itu penalti yang konyol.Rasanya sangat tidak adil. Saya meninggalkan ruangan dan saya merasa dia baru saja menyerah pada tahap awal. Dia pergi keluar dan berpura-pura seperti dia dipaksa keluar,” ucap Tsunoda, dikutip dari Crash.

“Tapi yang pasti masih ada ruang di luar sana. Jelas saya memberi tekanan tapi masih ada ruang di belakang saya. Jadi saya tidak mengerti mengapa ada penalti. Terasa sangat keras,” ia mengimbuhkan.

Di sisi lain, Guanyu Zhou mengatakan Tsunoda memang pantas mendapat hukuman.

"Itu sangat mudah. Saya berada di depan sebelum mengerem ke Tikungan 1 dan kemudian pertengahan tikungan, saya benar-benar memberi banyak ruang. Lalu saya hanya melihatnya (dan dia) tidak berhenti,” jelas pemuda asal Cina itu.

"(Dia mencoba) untuk melepaskan rem (tetapi dia) memaksa saya keluar, yang mana saya harus mengambil tindakan menghindari dan (menggunakan) jalan keluar, jika tidak kita akan menabrak bersama.”

“Jadi, itu sulit setelah itu karena ban saya banyak sampah. Tapi kemudian, pada akhirnya, saya bisa tetap berada di belakangnya di posisi yang tepat dan mendapatkan posisi itu kembali,” tutupnya.

Artikel Tag: GP Spanyol, F1 2023, Yuki Tsunoda, AlphaTauri, Guanyu Zhou

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/yuki-tsunoda-tak-terima-dapat-penalti-di-gp-spanyol
670  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini