Yuki Tsunoda Ikut Dilibatkan dalam Pengembangan Mobil AlphaTauri

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 12 Apr 2021, 22:20 WIB
Yuki Tsunoda, AlphaTauri

Yuki Tsunoda

Berita F1: Yuki Tsunoda memang masih baru bergabung dengan dunia F1 musim ini, namun ia telah mampu memberikan masukan yang berarti bagi pengembangan mobil AT02.

Yuki Tsunoda mampu memperlihatkan performa solid dua pekan lalu, dengan mengumpulkan poin dalam debut kompetitifnya di F1. Pemuda 20 tahun tersebut menyelesaikan balapan di posisi kesembilan pada Grand Prix (GP) Bahrain, race pembuka 2021. Start briliannya tersebut bahkan membuat Ross Brawn, direktur olahraga F1, menjulukinya sebagai "rookie terbaik dalam beberapa tahun terakhir".

Selain karena kecepatannya, pujian berdatangan dikarenakan sikap kritis pebalap asal Jepang itu terhadap diri sendiri. Usai balapan F1 GP Bahrain, ia mengakui bahwa dirinya gembira dapat meraih poin, namun juga sangat kecewa karena ia kehilangan beberapa posisi di lap pertama.

Sementara itu, Direktur Teknik AlphaTauri, Jody Egginton, menjelaskan bahwa ia melihat ada hal lain yang perlu diperhatikan Tsunoda. Sang rookie dapat berkomunikasi dengan baik dengan teknisinya. Walau belum berpengalaman di F1, ia sudah paham bagaimana memberikan komentar dan masukan tentang mobil, yang dapat berkontribusi bagi tim untuk sehingga dapat lebih meningkatkan AT02, kendaraan AlphaTauri musim ini.

Secara alami, dalam pengembangan AT02 lebih lanjut, AlphaTauri tentunya akan meminta pendapat Pierre Gasly terlebih dahulu karena ia lebih senior dibanding Yuki Tsunoda.

"Tanggapannya (Gasly) sangat penting karena ia dapat membandingkan dengan mobil musim lalu karena mobil saat ini adalah evolusi dari musim 2020," kata Egginton seperti yang dilansir dari Laman Motorsport.com.

"Dengan Pierre, kami pun seseorang yang dapat memberi tahu kami secara detail apa yang telah berubah dari dalam mobil, apa yang lebih baik dan apa yang lebih buruk,” tambahnya.

"Itu tentunya juga membantu kami menjawab pertanyaan dari Yuki karena dengan demikian kami dapat menjelaskannya. Akan tetapi di saat yang sama ia juga menghadirkan banyak hal-hal menarik,” jelasnya.

"Karena ia mengendarai mobil dengan cara yang sedikit berbeda dari Pierre. Yang terpenting, Yuki punya kecepatan untuk turut berkontribusi (dalam pengembangan) mobil," imbuh Egginton.

Soal kecepatan, menurut Egginton, tak ada masalah dari Yuki Tsunoda. Meski begitu, tentu ada banyak hal yang masih harus dipelajarinya. Itu akan dilakukan selangkah demi selangkah.

"Dia mampu menyerap banyak informasi dan berkomunikasi dengan baik. Kami tahu persis apa yang ia inginkan dari mobil. Karena itu ia mampu bekerja dengan sangat baik bersama para teknisi dan cepat belajar," tutup Egginton.

Artikel Tag: AlphaTauri Team, F1 2021, Yuki Tsunoda, Pierre Gasly

586  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini