Terlalu Bergelombang, Circuit of the Americas Dihujani Kritikan Oleh Para Pebalap

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 02 Nov 2019, 22:55 WIB
Terlalu Bergelombang, Circuit of the Americas Dihujani Kritikan Oleh Para Pebalap

Para pebalap F1 beraksi di Circuit of the Americas, Formula 1 2019.

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Para pebalap Formula 1 banyak melontarkan kritikan dan keluhan lantaran kondisi Circuit Of The Americas yang bergelombang saat tengah menjalani gelaran GP Amerika Serikat 2019.

Para pebalap F1 telah menuntaskan rangkaian gelaran dua sesi latihan bebas alias free practice pada hari pertama, Jumat (1/11). Dua pebalap berbeda meraih posisi tercepat dalam latihan kemarin. Max Verstappen (Red Bull Racing) menguasai sesi FP1, sementara Lewis Hamilton (Mercedes) tercepat pada FP2.

Namun hari pertama GP Amerika Serikat ternyata tidak menuai respons positif dari para pebalap. Mereka justru merasa cemas dengan berlangsungnya sisa rangkaian seri balapan lantaran kondisi sirkuit yang mereka nilai terlalu bergelombang karena banyak bumps. Kebanyakan pebalap mengalami berbagai macam gangguan akibat memacu mobil mereka di atas trek yang bergelombang.

"Ini (sirkuit yang bergelombang) bisa menjadi sangat menyakitkan," ujar pebalap Racing Point, Sergio Perez seperti dilansir dari Motorsport.com.

"Seseorang bahkan bisa terluka saat melindas bumps. Anda lihat sendiri, tadi beberapa pebalap keluar jalur karena trek yang bergelombang. Sungguh tak bisa diterima," imbuhnya.

Perez juga menegaskan bahwa dengan kondisi tersebut, keselamatan para pebalap saat balapan akan dipertaruhkan. Senada dengan Perez, Verstappen juga merasa cemas dengan bumps, yang menahannya untuk tidak memacu mobilnya di kecepatan maksimal.

Bukan hanya mereka, Lance Stroll pun ikut melontarkan kritikannya. Menurut pebalap Racing Point ini, bumps yang terlalu banyak juga bisa berakibat kerusakan pada mobil.

"Saya pikir ada dua atau tiga bumps yang terlalu besar. Ini bisa membahayakan mobil dan berisiko merusak mesin. Saya kira kondisi ini lebih cocok untuk pebalap rally daripada untuk balapan F1. Mereka benar-benar harus melakukan sesuatu untuk musim depan," tutur Stroll.

Circuit Of The Americas bukanlah sirkuit pertama yang mendapat komentar negatif atas kondisinya yang bergelombang.  Bahkan Sirkuit Silverstone yang baru dilakukan pengaspalan ulang pada musim ini pun tak lepas dari kritikan.

Artikel Tag: gp amerika serikat, f1 2019, Max Verstappen

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/terlalu-bergelombang-circuit-of-the-americas-dihujani-kritikan-oleh-para-pebalap
1226  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini