Terdapat Perubahan di Sirkuit Albert Park untuk Grand Prix Australia 2021

Penulis: Akmal Saputra
Kamis 18 Feb 2021, 08:30 WIB
Sirkuit Albert Park untuk Grand Prix Australia akan berubah

Sirkuit Albert Park via Motorsport.com

Berita Formula 1: Sirkuit Albert Park, Melbourne yang digunakan untuk menggelar Formula 1 Grand Prix Australia 2021 akan mengalami beberapa perubahan. Sirkuit tersebut akan dilakukan pelapisan ulang aspal dan perubahan di salah satu tikungan.

Sebelum pandemi Covid-19, yang berujung penundaan lalu pembatalan edisi 2020 telah mendorong penyelenggara dan F1 untuk menggelar balapan di sirkuit itu pada November.

Seperti dilansir dari Motorsport.com, fase 1 perbaikan telah selesai dengan pitlane yang diperlebar dua meter dan dinding pit dipindahkan ke tepi jalan menggantikan pinggiran rumput.

Selanjutnya pada Fase 2 yang sekarang akan dilakukan perubahan tata letak. Perubahan terbesar terjadi pada kompleks tikungan 9/10. Tikungan tersebut dulunya memaksa pembalap untuk melakukan pengereman yang kuat, hal itu akan dihilangkan dan diganti dengan transisi yang cepat dan mengalir di sepanjang tepi danau.

Hal itu akan membuatnya menjadi dua tikungan transisi berturut-turut dengan kanan kiri cepat diikuti oleh kiri-kanan yang ada untuk Belokan 11/12. Kecepatan masuk ke tikungan 11/12 sekarang akan lebih tinggi yang dapat membuat mobil tidak stabil sebelum zona pengereman untuk Belokan 13 dan menciptakan peluang menyalip.

Belok kanan di sebelah kanan 13 juga akan di profil kan ulang, dengan entri yang lebih lebar dan camber tambahan untuk membuatnya kurang dari satu jalur melalui sudut. Pekerjaan akan dimulai pada perubahan tata letak Senin depan dan diharapkan selesai pada Juli.

Setelah itu, pada fase 3 pelapisan ulang lengkap sirkuit dengan aspal yang lebih agresif, kemudian perbaikan akan berlangsung setelah balapan November ini jika balapan dilanjutkan.

Ini akan menjadi pekerjaan pelapisan ulang signifikan pertama yang dilakukan sejak jalan umum disiapkan pada tahun 1995 untuk menjadi tuan rumah Grand Prix Australia untuk pertama kalinya pada tahun berikutnya.

Renovasi Sirkuit Albert Park mengikuti perdebatan bertahun-tahun tentang tata letak yang ada. Pengemudi dan bos tim telah lama mengkritik tata letak dan kurangnya peluang meyalip yang jelas.

Motorsport.com secara eksklusif mengungkapkan kembali pada tahun 2017 bahwa Grand Prix Corporation Australia telah secara serius mempertimbangkan untuk membuang kompleks tikungan 11/12, tetapi pada akhirnya membatalkan rencana tersebut.

Namun dengan kesepakatan baru untuk menjadi tuan rumah Formula 1 Grand Prix Australia hingga 2025 yang membuat pembicaraan lanjutan tentang perubahan tata letak, sementara pekerjaan pelapisan ulang direncanakan paling lambat menjelang balapan 2022.

Artikel Tag: Formula 1, albert park, GP Australia

584  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini