Red Bull Resmi Akuisisi Power Unit Formula 1 Honda

Penulis: Akmal Saputra
Senin 15 Feb 2021, 19:45 WIB
Red Bull akuisisi power unit Formula 1 Honda

Red Bull Racing via GettyImages

Berita Formula 1: Red Bull Racing dipastikan akan tetap menggunakan power unit milik Honda pada Formula 1 musim 2022. Keduanya telah menyelesaikan kesepakatan terkait pengakuisisian power unit tersebut pada Senin (15/2) pagi ini.

Honda memang telah memutuskan untuk mundur sebagai pemasok power unit di F1 pada akhir 2021 ini karena ingin mengalihkan keuangannya ke departemen yang berbeda.

Sebenarnya RedBull telah merancang sebuah perusahaan baru bernama Red Bull Powertrains Limited untuk melaksanakan proyek tersebut, yang akan dioperasikan dari basis tim F1 Red Bull Racing di Milton Keynes.

Namun tim yang memiliki lisensi dari Austria itu memperjelas bahwa mereka tidak memiliki sumber daya untuk mendanai pengembangan mesin internal unit daya Honda. Sehingga tim mulai mendorong pembekuan mesin mulai tahun depan.

Setelah beberapa penundaan, pembekuan disetujui dengan suara bulat oleh tim pekan lalu. Itu memungkinkan Red Bull untuk melanjutkan pembicaraan dengan Honda mengenai kesepakatan untuk terus menggunakan teknologi power unit pabrikan asal Jepang tersebut Kesepakatan yang dicapai akan membuat mobil RedBull dan AlphaTauri terus didukung oleh mesin tersebut sampai power unit generasi berikutnya diperkenalkan pada Formula 1 tahun 2025.

“Kami sangat kecewa ketika keputusan untuk meninggalkan olahraga sebagai produsen mesin, karena hubungan kami langsung membuahkan hasil, tetapi kami berterima kasih atas dukungan mereka dalam memfasilitasi kesepakatan baru ini,” kata Kepala tim Red Bull Christian Horner dilansir dari Crash.net.

“Honda telah berinvestasi secara signifikan dalam teknologi hybrid untuk memastikan pasokan power unit yang kompetitif bagi kedua tim. Kami sekarang memulai pekerjaan membawa divisi power unit di tempat kami dan mengintegrasikan fasilitas dan personel baru ke dalam perusahaan Teknologi kami," tambahnya.

Sementara itu, pihaknya akan sepenuhnya fokus untuk mencapai hasil terbaik di musim terakhir tim Jepang sebagai pemasok power unit resmi.

Sementara itu Penasihat motorsport RedBull Helmut Marko yang memang bersikeras bahwa langkah seperti ini adalah satu-satunya pilihan tim dan senang dengan pembekuan mesin membuka pintu untuk mencapai kesepakatan ini.

“Kami telah membahas topik ini selama beberapa waktu dan mengikuti keputusan FIA untuk membekukan pengembangan unit daya mulai tahun 2022, kami akhirnya dapat mencapai kesepakatan mengenai penggunaan berkelanjutan unit daya hybrid itu. Kami berterima kasih atas kolaborasi yang dalam hal ini dan membantu memastikan bahwa RedBull Racing dan Scuderia AlphaTauri terus memiliki unit daya yang kompetitif," katanya.

Artikel Tag: Honda, Formula 1 2021, Red Bull Honda, Red Bull Racing

1024  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini