Nelson Piquet Sr Dihukum BDRC karena Tindakan Rasisme ke Hamilton

Penulis: Senja Hanan
Jumat 01 Jul 2022, 16:17 WIB
Mantan pebalap F1, Nelson Piquet. (Images: Getty)

Mantan pebalap F1, Nelson Piquet. (Images: Getty)

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Dampak komentar rasisme Nelson Piquet Sr berbuntut Panjang. British Driver Racing Club (BDRC) secara resmi mencabut anggota kehormatan milik juara dunia tiga kali tersebut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Piquet Sr memang sudah meminta maaf secara resmi kepada sang juara dunia tujuh kali, namun kebijakan organisasi tidak ada toleransi terhadap rasisme.

"Dewan BDRC telah memutuskan bahwa pemakaian bahasa Tuan Piquet Sr. yang menyinggung secara rasisme untuk menggambarkan sesama anggota BRDC (dan juara dunia tujuh kali) tidak bisa diterima dan mewakili tindakan yang sangat tidak pantas bagi seorang Anggota Kehormatan BRDC, terlepas dari permintaan maafnya setelah itu," demikian pernyataan BRDC dikutip Reuters.

"Oleh karena itu, kami telah memberi tahu Tuan Piquet Sr bahwa keanggotaannya telah ditangguhkan dengan segera. Mengikuti proses hukum Klub, diharapkan Dewan akan menghentikan keanggotaan Tuan Piquet Sr pada rapat dewan yang akan diadakan setelah periode pemberitahuan tujuh hari yang diperlukan."

Nelson Piquet mengkritik Hamilton karena menyebabkan kecelakaan dengan Max Verstappen dan memanggil sang pebalap Inggris dengan kata ganti berbau rasisme, dalam bahasa Portugis.

Seperti dilansir Crash mengutip media Brazil, Piquet mengatakan, "Si (panggilan rasis) menempatkan mobilnya di kiri dan karena tidak ada cara untuk menyalip dua mobil di tikungan itu. Dia melakukan cara kotor."

Tak lama setelah kabar itu tersiar, F1 dan Mercedes mengeluarkan pernyataan resmi yang mengutuk segala tindakan berbau rasisme dan diskriminatif.

Piquet, yang meraih gelar juara dunia F1 tiga kali pada tahun 1980-an, dan adalah ayah dari kekasih Verstappen, Kelly Piquet, pada Rabu meminta maaf secara resmi dan menyebut perkataannya secara salah diterjemahkan.

Artikel Tag: Lewis Hamilton, Nelson Piquet Sr, f1

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/nelson-piquet-sr-dihukum-bdrc-karena-tindakan-rasisme-ke-hamilton
933  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini