Mercedes Tak Salahkan Hamilton di Balapan GP Italia

Penulis: Akmal Saputra
Kamis 10 Sep 2020, 09:00 WIB
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton/Image: Getty

Lewis Hamilton/Image: Getty

Berita Formula 1: Kepala strategi Mercedes James Vowles mengaku bahwa timnya tidak menyalahkan Lewis Hamilton dalam kejadian yang membuat pembalapnya mendapatkan penalti selama 10 detik di GP Italia.

Pembalap asal Inggris Raya tersebut sejatinya telah memulai balapan dari posisi terdepan, namun Hamilton harus terkena penalti 10 detik akibat masuk ke jalur pit yang saat itu tertutup untuk dimasuki.

Hal itu menyusul peluncuran Safety Car pertama ketika mobil Haas Kevin Magnussen mengalami masalah teknis di pinggir trek. 

Dilansir dari Motorsport, Vowles mengatakan bahwa Mercedes tidak menyalahkan Hamilton karena kehilangan sinyal palang merah di jalurnya.

“Dia baru saja berubah menjadi Parabolica pada saat itu, masih dengan kecepatan balapan penuh. Pengemudi di sana mencoba untuk mengontrol kendaraan dan pada saat itu juga sedang turun ke waktu delta yang benar untuk mobil keselamatan dan bersiap untuk berhenti karena kami sudah memanggilnya untuk masuk ke jalur pit," kata Vowles.

 “Ada banyak hal yang terjadi padanya, dan tidak biasanya dia melihat papan yang ada di sisi paling kiri trek," sambungnya.

Menurut Vowles saat itu ada dua papan, yang pertama akan sangat sulit baginya untuk melihatnya, satu di sisi kiri tetapi Hamilton sedang mengendalikan Mercedes nya sambil melihat ke dasbor dan Ia tidak melihatnya. 

"Saat Anda menuju entri jalur pit jika Anda melihat ke papan dengan Lewis, sebenarnya tidak ada indikasi pada saat itu bahwa jalur pit sama sekali ditutup. Tidak ada papan lagi, tidak ada lampu, tidak ada lagi yang perlu diberitahukan kepadanya bahwa papan itu harus ditutup," sebutnya.

"Jadi, dari sudut pandangnya, ini akan menjadi panggilan yang sangat sulit bagi Hamilton, hanya beberapa detik untuk mencari, mencari di tempat yang benar, dan membuat keputusan," kata dia.

Namun demikian, tim melihat pesan pada waktunya dan sempat memberi tahu Valtteri Bottas untuk tidak ikut ikut masuk ke jalur pit. 

Vowles menegaskan bahwa tim pesaing Formula 1 juga membutuhkan waktu untuk menemukannya, tetapi karena mobil mereka jauh di belakang, mereka dapat memberikan instruksi yang sesuai kepada pengemudi.

“Kami masih dapat menahan Valtteri dan sebagai referensi kami dapat mendengar dari radio tim lain bahwa mereka membutuhkan sekitar 10 detik untuk menyadarinya juga dan bahwa 10 detik adalah periode krusial karena Lewis sejauh ini memimpin balapan yang baru saja dia masuki," sebut Vowles.

“Dengan semua manfaat melihat ke belakang, kami tahu apa yang akan kami lakukan secara berbeda sekarang. Kami dapat menerapkan sistem pada perangkat lunak yang memungkinkan kami menemukan dan memastikan bahwa kami melihat pesan penting ini hanya dalam beberapa detik," pungkasnya.

Artikel Tag: Mercedes, Formula 1 2020, Lewis Hamilon

505  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini