McLaren Ungkap Kunci Keberhasilan Tampil Kompetitif Musim Lalu

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 29 Jan 2020, 16:40 WIB
McLaren Ungkap Kunci Keberhasilan Tampil Kompetitif Musim Lalu

Carlos Sainz, McLaren MCL34.

Berita F1: CEO McLaren Formula 1, Zak Brown, mengungkap rahasia peningkatan performa McLaren. Menurutnya, tim yang solid serta menghindari kebiasaan menyalahkan pihak lain adalah kunci utamanya.

Musim F1 2018 menjadi salah satu musim terburuk bagi tim McLaren. Duet Fernando Alonso dan Stoffel Vandoorne tak mampu tampil kompetitif di sepanjang musim.

Alonso hanya bisa menempati posisi ke-11 pada akhir musim, sedangkan rekan setimnya Vandoorne bahkan lebih buruk dengan berada di peringkat 16.

Di musim berikutnya, McLaren melakukan perombakan besar-besaran. Mulai dari pergantian kedua pebalap mereka dan pergantian pemasok mesin dari Honda beralih ke Renault.

Duo McLaren anyar, Carlos Sainz dan Lando Norris, berhasil mengangkat performa McLaren. Hal tersebut sekaligus memperbaiki posisinya di kategori konstruktor dengan menempati peringkat 4 yang di tahun sebelumnya hanya bisa berada di posisi 6.

Zak Brown pun meyakini bahwa menempatkan orang yang tepat untuk mengisi posisi penting, dan menghindari kebiasaan menyalahkan adalah kunci kesuksesan peningkatan performa McLaren.

"Anda membutuhkan kerja tim yang sangat baik, memastikan semua termotivasi dan tahu apa peran dan tanggung jawab mereka," kata Brown dilansir dari Crash.net.

"Pastikan anda memberi mereka sumber daya dan dukungan serta bimbingan yang mereka butuhkan. Seperti yang saya katakan sebelumnya, kesalahan itu tak masalah, tapi jangan membuat kesalahan yang bodoh. Kami saat ini ada di sekitar orang hebat saat ini," tandasnya.

Brown juga mengungkapkam bahwa perbaikan performa yang terjadi di musim 2019 sangat berarti untuk McLaren.

"Ini adalah musim yang baik dan itulah yang kamu butuhkan. Semua orang melakukan pekerjaan yang sangat baik, Carlos, Lando, tim baru yang kami rekrut telah bekerja dengan keras, dan mendapatkan kembali podium adalah hal yang bagus," tutupnya.

Di musim 2020 ini, McLaren kembali melakukan perubahan manajemen, dengan mempromosikan Andrea Stella menjadi direktur balap.

Artikel Tag: McLaren, f1 2019, f1

598  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini