Kalahkan Perez di GP Brasil, Fernando Alonso Ungkap Strategi Balapnya

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 07 Nov 2023, 16:50 WIB
Fernando Alonso, Sergio Perez

Sergio Perez dan Fernando Alonso

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Fernando Alonso memaksimalkan keunggulannya di lintasan lurus dan berupaya melaju tanpa kesalahan saat bersaing memperebutan podium ketiga dengan Sergio Perez.

Fernando Alonso diketahui berhasil finis ketiga di GP Brasil yang berlangsung seru. Pebalap Aston Martin itu merasa lega karena bisa menginjakkan podium lagi setelah terakhir kali melakukannya di GP Belanda.

Alonso membuat semua orang terpesona karena mampu melawan Sergio Perez (Red Bull Racing) yang juga berupaya merebut tempat ketiga. Ia sempat disalip dua lap jelang finis, namun keunggulan Perez tak bertahan lama. Juara dunia F1 dua kali itu bisa berada di P3 lagi berkat kecerdikannya.

Usai balapan di Sirkuit Interlagos, Fernando Alonso mengungkapkan strateginya dalam melawan Sergio Perez.

“Sebagai mobil terdepan, Anda memiliki sedikit keunggulan dalam hal grip di tiga tikungan terakhir. Jadi saya hanya memastikan untuk tidak melakukan kesalahan di ketiga tikungan tersebut, karena jika tidak, Checo (Perez) akan terlalu dekat. Saya juga menggunakan energi di lintasan lurus hanya untuk memastikan tidak ada peluang bagi Checo,” katanya dilansir dari Crash.

“Dan dengan garis (balap), kami kadang-kadang hanya mengganti garis. Saya tidak selalu ingin berada di jalur yang sama, jika memungkinkan. Jika dia masuk ke dalam, saya dari waktu ke waktu di dalam, dari waktu ke waktu di luar. Jadi, tidak ada arah yang jelas baginya untuk benar-benar mengubah jalur balap dan benar-benar memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari udara bersih. Saya hanya mencoba membuat turbulensi di hidung depannya,” jelas pria asal Spanyol itu.

Alonso sempat mengira dirinya bakal kehilangan podium di GP Brasil setelah Perez melakukan manuver di Tikungan 1 Sirkuit Jose Carlos Pace di fase akhir balapan. Satu lap kemudian, ia mampu membalas serangan pria asal Meksiko tersebut. Keduanya bahkan hanya berjarak 0,053 detik saja.

“Bagi saya, ini seperti 30 lap dimana saya mendapat tekanan dari Checo tetapi ketika dia melewati saya dua lap hingga akhir, saya berpikir: 'Oke, ini hilang, podium tidak mungkin lagi’,” ujar Alonso.

“Tetapi dia mengerem agak terlambat ke (Belokan) 1 dan saya berkata: 'Oke, saya akan melanjutkannya ke (Belokan) 4’,” tutupnya.

Artikel Tag: Fernando Alonso, Sergio Perez, aston martin, Red Bull, F1 2023, gp brasil

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/kalahkan-perez-di-gp-brasil-fernando-alonso-ungkap-strategi-balapnya
429  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini