George Russell Akui Williams Terkendala Masalah Sensitivitas Angin

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 11 Apr 2021, 23:30 WIB
George Russell, Williams

George Russell

Berita F1: George Russell menjelaskan bahwa mobil yang dikendarainya mengalami kendala saat melaju di kondisi angin kencang dan ia berharap hal tersebut segera teratasi.

Tim Williams Racing memilih pendekatan desain yang agresif pada mobil F1 mereka, FW43B, sebagai upaya untuk meningkatkan downforce sekaligus mengurangi hambatan. Akan tetapi, pilihan teknis tersebut berakibat pada hilangnya kinerja kendaraan saat balapan dalam kondisi angin kencang. Hal tersebut terlihat saat tes pramusim, dimana kondisinya adalah angin yang berhembus kuat. Ketika itu George Russell terkendala dengan kondisi ini dan bahkan gagal tampil maksimal dalam balapan F1 GP Bahrain dan mengakhiri balapan di posisi ke-14.

Pebalap berusia 22 tahun itu, di akhir balapan, menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan hasil terbaik untuk tim dan ia membandingkan kendala yang dialami Williams dengan Mercedes, yang bagian belakang mobilnya, W12 tak stabil.

"Ketika kami memperkenalkan perubahan (regulasi) yang begitu penting, sangat esensial untuk mendesain ulang mobil sepenuhnya, akan tetapi bukan itu yang kami lakukan," ujar Russell seperti yang dilansir dari laman Motorsport.com.

"Banyak tim lain berada dalam kondisi serupa, termasuk Mercedes. Mungkin (kami) tim yang paling menderita dan saya tak akan terkejut apabila hal yang sama terulang di masa depan,” tambahnya.

"Mobil yang paling kompetitif, bila dibandingkan dengan musim lalu, adalah Red Bull Racing dan Alfa Romeo. Dalam balapan dengan kondisi angin kencang, ini dapat membuat perbedaan besar saat Anda melaju dengan kecepatan 300 km/jam," jelasnya.

Di Williams, beberapa pembaruan pun sedang direncanakan untuk diterapkan pada FW34B yang seharusnya memperbaiki kepekaan terhadap angin. Pemahaman yang lebih baik mengenai mobil juga terbukti berguna untuk proyek-proyek Williams di masa mendatang. Meski begitu, tim berharap bisa tampil dengan performa bagus dalam putaran kedua, akhir pekan depan di Sirkuit Imola.

"Ini (Imola) merupakan trek yang sangat berbeda dari Bahrain, saya bakal mengatakan keduanya sangat berlawanan," kata Russell.

"Di Sakhir (Bahrain) terdapat banyak tikungan dengan kecepatan rendah dan trek yang terdampak angin, sedangkan Imola punya banyak tikungan yang harus dilalui dengan kecepatan tinggi.”

"Sirkuit di Imola pun dilindungi oleh pepohonan dan bangunan. Saya rasa Williams akan mampu tampil dengan lebih baik di trek tersebut," tutup George Russell.

Artikel Tag: Williams Team, F1 2021, George Russell

488  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini