Formula 1 Ingin Perbanyak Jadwal Hingga 22 Balapan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 03 Agu 2019, 20:30 WIB
Formula 1 Ingin Perbanyak Jadwal Hingga 22 Balapan

Balapan F1 2019 GP Jerman.

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Formula 1 mencoba untuk mempertimbangkan menambah jadwal balapan di tempat-tempat baru, tapi hal ini bakal bergantung pada pertimbangan para tim nantinya.

Meskipun sempat terancam, masa depan GP Spanyol akhirnya menemui titik terang setelah mendapat persetujuan dari pemerintah Catalunya untuk menggelar Grand Prix 2020. Sementara itu, kecil kemungkinan GP Jerman akan kembali musim depan, F1 akan kehadiran dua balapan baru, yakni di Vietnam dan Belanda.

Selain perpanjangan kontrak GP Inggris sampai 2024, Italia dan Meksiko juga selangkah lagi menandatangani kontrak anyar dengan F1. Hal ini membuat pemilik F1, Liberty Media, kembali mempertimbangkan untuk memperluas kalender menjadi 22 balapan yang akan menjadi rekor baru.

Namun, rencana ini harus mendapat persetujuan dari tim-tim F1. Team principal Haas, Gunther Steiner, mengatakan salah satu kekhawatirannya adalah apakah pabrikan mesin merasa bisa menyelesaikan musim tanpa perlu menggunakan mesin keempat. Pasalnya saat ini setiap tim hanya mendapatkan jatah tiga mesin per musim.

Sebab, jika alokasi mesin bertambah, maka itu akan menambah jumlah biaya yang harus dikeluarkan setiap tim.

"Kami telah ditanya tentang itu, dan saya memberikan opini saya. Saya oke-oke saja, mungkin tinggal masalah logistis yang mesti kita cari tahu caranya,” ungkap Steiner di sela gelaran GP Hongaria.

"Tapi satu hal yang harus kita pertahankan adalah batas tiga mesin per tahun. Karena, menurut saya, menggunakan mesin keempat adalah sesuatu yang tidak masuk akal dari sudut pandang finansial. Itu menjadi hal yang negatif buat kita, jadi mengapa kami harus melakukan itu?

"Jadi terserah para pabrikan mesin. Jika mereka yakin bisa melakukannya dengan tiga mesin, saya setuju saja."

Opini berbeda dilontarkan wakil team principal Williams, Claire Williams. Ia merasa skeptis soal konsekuensi yang bisa timbul dari perluasan kalender menjadi 22 balapan.

"Secara pribadi, saya ingin jumlah balapan dikurangi. Jika terlalu banyak, maka itu akan sulit dicerna oleh orang-orang, karena harus bersaing dengan ajang olahraga dan media lain, Selain itu, kita harus memikirkan staf. Jika jumlah balapan bertambah, maka itu akan menambah tekanan dan mempersulit mereka untuk menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi," papar Williams.

Artikel Tag: f1 2020, F1 2021, Formula 1

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/formula-1-ingin-perbanyak-jadwal-hingga-22-balapan
781  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini