Felipe Massa Akui Ferrari Sudah Alami Penurunan Performa Sejak 2009

Penulis: Viggo Tristan
Rabu 03 Nov 2021, 06:54 WIB
Felipe Massa klaim penurunan performa Ferrari sudah terjadi sejak tahun 2009.

Felipe Massa nilai Ferrari sudah menurun sejak tahun 2009. (Gambar: Chris on F1)

Ligaolahraga.com -

Berita F1 : Pebalap asal Brazil yaitu Felipe Massa menilai bahwa Ferrari sudah mengalami penurunan performa sejak tahun 2009 silam. Tim yang khas dengan julukan Kuda Jingkrak itu sudah tidak dicap sebagai yang terbaik lagi di ajang F1.

Ferrari sendiri memang sempat bersinar di awal tahun 2005an. Puncaknya, Kimi Raikkonen berhasil membawa tim asal Italia tersebut menjadi juara pada tahun 2007. Tidak berhenti sampai situ saja, Ferrari juga berhasil meraih gelar juara konstruktor pada tahun 2008 alias satu tahun setelah Raikkonen juara. Sayang, itu sekaligus jadi prestasi terbaik Ferrari sampai sekarang ini. Sejak 2009 sampai 2020 kemarin, Ferrari relatif kesulitan meraih hasil positif. Mereka tidak bisa memberi perlawanan ketat kepada Mercedes ataupun Red Bull Racing.

"Kesenjangan kemampuan antara pembalap terbaik sangat kecil. Itu semua lebih tergantung pada kecepatan mobil setiap tim. Kejutan akan terjadi ketika ada perubahan regulasi yang signifikan. Saya masih berpikir tim besar yang akan berada di depan adalah Mercedes, Red Bull, mungkin Ferrari atau McLaren. Biasanya tim terbaik memiliki lebih banyak kesempatan untuk memulai musim dengan lebih baik," ucap Felipe Massa.

"Tidak mengejutkan bagi saya bahwa Ferrari sudah lama tidak memenangi balapan. Tahun-tahun terbaik tim ini adalah ketika Michael Schumacher masih memperkuat mereka. Kemudian pada 2007 dan 2008 juga memiliki musim yang bagus. Setelah 2009, Ferrari bukan lagi tim terbaik dan itu berlanjut sampai sekarang. Saya tetap menjadi pendukung setia mereka, tetapi tidak mudah untuk mencapai hasil yang tinggi. Ini tidak hanya membutuhkan kerja keras dan intens, tetapi juga pendekatan yang tenang dan hati-hati," imbuhnya.

Artikel Tag: Felipe Massa, f1

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/felipe-massa-akui-ferrari-sudah-alami-penurunan-performa-sejak-2009
359  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini