Feature F1: Rivalitas Abadi di Ajang F1

Penulis: Ruddy
Kamis 06 Okt 2016, 09:29 WIB
Feature F1: Rivalitas Abadi di Ajang F1

Rivalitas F1 era modern, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg.

Ligaolahraga – Sebagai ajang yang sangat diminati, F1 tentunya sering menghadirkan rivalitas antara dua pebalap. Di musim ini misalnya, nampak jelas ada rivalitas tinggi antara Nico Rosberg dan Lewis Hamilton, yang mana keduanya pebalap Mercedes itu tengah bersaing untuk memperebutkan gelar juara dunia musim ini. Nah, di masa lalu juga ada banyak kisah rivalitas yang patut dikenang.

Niki Lauda – James Hunt (1976)

Pernah menonton Rush? Ya dalam film itu memang menggambarkan betapa hebatnya persaingan kedua pebalap legendaries itu. Rivalitas keduanya mungkin menjadi yang paling ikonik sepanjang sejarah. Hunt seringkali terlibat masalah sehingga membuat Lauda yang mendapat keuntungan.

Lauda sempat mengalami kecelakaan fatal di Nurburgring yang membakar hampir seluruh wajahnya. Saat itu, Hunt meraih juara. Ajaibnya, setelah kembali dari rumah sakit, Lauda masih memimpin 3 poin pada balapan final di Jepang. Sayang, kondisi cuaca yang buruk, membuat Lauda menyerah dan membiarkan Hunt yang memenangkannya.

Ayrton Senna dan Alain Prost (1988 – 1990)

Duel mereka yang paling dikenang adalah pad abalapan penentu gelar juara dunia di Suzuka. Prost unggul 5 poin, dan bersaing ketat dalam memperebutkan posisi terdepan dengan Senna. Pada balapan itu,sempat terjadi singgungan antara kedua pebalap. Prost harus mundur dari balapan akibat senggolan itu, dan Senna bertahan hingga berhasil memenangkan balapan. Apakath Senna menjadi juara dunia?

Ternyata tidak. Marshall menganggap Senna melakukan dorongan illegal kepada Prost. Sehingga, kemenangan Senna dianulir, dan Prost menjadi juara dunia tahun 1988.

Jacques Villeneuve dan Michael Schumacher (1997)

Musim 1997 mencapai klimaksnya ketika balapan berlangsung di Jerez, Spanyol. Villeneuve sudah memimpin selama 22 lap. Pada suatu ketika, Schumacher melakukan maneuver yang tajam, hingga menabrak Villeneuve. Sialnya, mobil Schumi harus keluar lintasan dan DNF, sementara Villeneuve terus bertahan hingga finis.

Setelah dianalisa, panitia balap memutuskan bahwa Schumi melakukan tabrakkan tersebut dengan sengaja, sehingga semua balapan Schumi di musim itu didiskualifikasi. Bisa dikatakan itu adalah masa tergelap dunia balap.

Artikel Tag: F1 2017, Formula 1, niki lauda, james hunt, Ayrton Senna, alain prost, Michael Schumacher, Jacques Villeneuve

2828  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini