F1 Tegaskan Tak Ingin Anak Emaskan Colton Herta

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 06 Sep 2022, 02:30 WIB
Colton Herta

Colton Herta

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Bos F1, Stefano Domenicali, menegaskan pihaknya tak akan memberi perlakukan istimewa pada Colton Herta agar ia bisa berkompetisi di dunia jet darat.

Pebalap IndyCar, Colton Herta, menjadi salah satu nama yang masuk dalam bursa pebalap F1 2023. Ia digadang-gadang sebagai pengganti Pierre Gasly di AlphaTauri yang dirumorkan bakal pindah ke Alpine.

Permasalahannya adalah Herta baru mengoleksi 32 poin dari total 40 poin persyaratan Super Licence, kecuali FIA memberikan pengecualian untuk meloloskannya ke F1. Badan pengatur kabarnya tengah mempertimbangkan hal tersebut.

Penasihat Red Bull Racing, Helmut Marko, percaya Herta bisa mendapatkan lisensi jika kesepakatan untuk menjalankannya berlanjut.

“Saya kira kami dapat membuktikan bahwa dia memenuhi syarat untuk itu. Mari kita lihat. Kesepakatan ini belum selesai. Tapi kami akan melakukannya. Kami adalah Red Bull dan kami berani, dan kami berharap akan berhasil dengan dia,” ucapnya dikutip dari Motorsport.com.

Namun tim-tim tak setuju dengan penghapusan aturan Super Licence untuk membantu Herta. Hal sama turut dipikirkan oleh bos F1, Stefano Domenicali.

“Olahraga harus menghormati aturan. Dan, tentu saja, pebalap Amerika atau pebalap lain sangat penting. Jika dia memenuhi syarat untuk masuk F1 karena dia punya poin, itu berita fantastis,” ia menuturkan.

“Tapi ada tangga yang harus diikuti, ada protokol yang harus dihormati, dan begitulah situasinya. Jadi itu benar-benar apa yang saya yakini benar untuk dilakukan,” tambahnya.

Mengenai seruan untuk perubahan bobot poin pada ajang IndyCar, Domenicali berkata:

“Saya tidak berpikir itu benar untuk mengubah sesuatu secara retrospektif. Saya pikir itu adalah hal yang benar untuk dilakukan dalam menerapkan aturan,” ia mengungkapkan.

“Dan jika ada hal-hal yang perlu didiskusikan, jika ada kebutuhan untuk memperbarui aturan, ada forum yang tepat di mana setiap orang dapat membawa ide atau poin untuk diskusi. Tetapi hari ini, aturannya harus dihormati. Itu pendapat saya,” tegasnya.

Toto Wolff selaku prinsipal Mercedes juga menekankan bahwa aturan soal Super Licence harus dihormati oleh semua pihak tanpa terkecuali. Sikapnya ini sejalan dengan bos Alfa Romeo, Frederic Vasseur, dan juga prinsipal Haas, Gunther Steiner.

“Akan sangat bagus memiliki seorang (pebalap) Amerika di F1. Dan itu jelas akan memberi kami dorongan yang baik di AS. Tapi saya pikir sistem poin ada karena suatu alasan,” kata Wolff.

“Kami tidak ingin membuat sistem di mana Anda mencoba memilih ajangyang memiliki resistensi paling sedikit, di mana kemampuan mencetak gol adalah yang tertinggi. Saya pikir F4/F3/F2 adalah sesuatu yang cocok untuk Eropa,” jelasnya.

“Mungkin Anda perlu melihat IndyCar, apa artinya itu atau Super Formula, apakah itu mencetak poin yang tepat.”

“Tetapi peraturan adalah peraturan, dan saya sangat berharap orang Amerika dapat mencetak poin yang cukup untuk membuatnya dapat berada di F1,” tutup pria asal Austria tersebut.

Artikel Tag: Colton Herta, Indycar, McLaren, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/f1-tegaskan-tak-ingin-anak-emaskan-colton-herta
561  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini