Cetak Podium dengan Empat Tim Berbeda, Fernando Alonso Catatkan Rekor

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 02 Jun 2023, 08:20 WIB
Fernando Alonso

Fernando Alonso

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Keberhasilan Fernando Alonso finis kedua di GP Monako membuat ia memecahkan rekor sebagai pebalap dengan empat tim berbeda yang merebut podium di Monte Car

Fernando Alonso memang hanya mampu finis kedua di GP Monako akhir pekan lalu. Namun pencapaian ini membuatnya menjadi pebalap pertama dalam sejarah jet darat yang merebut empat podium di Monte Carlo dengan empat tim berbeda. Ia melakukannya bersama Renault, McLaren, Ferrari, dan terakhir Aston Martin.

Sebelumnya juara dunia F1 dua kali tersebut berbagi keistimewaan dengan enam pebalap yang sama-sama membukukan podium di Monte Carlo dengan tiga tim berbeda, yakni: Juan Manuel Fangio (Alfa Romeo, Ferrari, Maserati), Jody Scheckter (Tyrrell, Wolf, Ferrari), Carlos Reutemann (Ferrari, Lotus, Williams), Ayrton Senna (Toleman, Lotus, McLaren), Rubens Barrichello (Stewart, Ferrari, BrawnGP) dan Jenson Button (BAR, BrawnGP, McLaren).

Kini Alonso membuat kelompok eksklusifnya sendiri. Pria asal Spanyol tersebut kali pertama naik podium di GP Monako 2006 dengan meraih kemenangan. Tahun berikutnya, sang pebalap juga menang, meskipun kali ini dengan berseragam McLaren.

Ketiga kalinya pebalap yang menggunakan nomor balap 14 itu mencetak bersama Ferrari pada 2011, dengan menduduki urutan kedua. Yang terakhir dan terbaru adalah finis keduanya di GP Monako 2023.

Seandainya berhasil menjadi pebalap pertama yang melewati garis finis, Alonso akan membukukan rekor lain, yakni memenangi tiga perlombaan di Monte Carlo dengan tiga tim berbeda.

Hingga saat ini pria berusia 41 tahun tersebut menang di Monako dengan dua tim yang berbeda (Renault dan McLaren), sama seperti Ayrton Senna (Lotus dan McLaren), Graham Hill (Owen dan Lotus), Michael Schumacher (Benetton dan Ferrari) atau Lewis Hamilton (McLaren dan Mercedes).

Jika Aston Martin dan Fernando Alonso mampu meneruskan tren positif mereka di seri-seri berikutnya, ia bisa membuat rekor anyar lain di 2024 atau 2025.

Artikel Tag: Fernando Alonso, F1 2023, aston martin, gp monako

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/cetak-podium-dengan-empat-tim-berbeda-fernando-alonso-catatkan-rekor
556  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini