Bos Red Bull Curigai Peningkatan Kecepatan Drastis Mobil Tim Racing Point

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 14 Jul 2020, 17:10 WIB
Bos Red Bull Curigai Peningkatan Kecepatan Drastis Mobil Tim Racing Point

Sergio Perez, Racing Point beraksi di GP Styria 2020

Berita F1: Bos tim Red Bull, Christian Horner, mencurigai peningkatan kecepatan drastis mobil tim Racing Point pada GP Styria yang dinilai kontroversial.

Setelah mendapati hasil kualifikasi yang mengecewakan, Sergio Perez hanya bisa mengawali balapan dari urutan ke-17 di grid. Namun, pebalap asal Meksiko itu sanggup bangkit dan bahkan sempat mencapai urutan keempat.

Kecepatan yang ditunjukkan oleh mobil Perez ini bahkan melampaui waktu lap milik Lewis Hamilton yang memenangkan balapan kali ini. Hal ini pun lantas membuat para tim rivalnya sangat heran.

Salah satu yang menyoroti kejanggalan tersebut adalah Bos Red Bull, Christian Horner.

“Saya pikir semua orang akan khawatir dengan Racing Point,” tutur Horner kepada Motorsport.com.

“Maksud saya, Perez lebih cepat daripada Mercedes pada saat itu dalam balapan. Mengingat bahwa [Valtteri] Bottas menggunakan ban yang jaraknya satu putaran dengan Racing Point, Perez lebih cepat tiga atau empat persepuluh detik. Jadi itu langkah yang sangat mengesankan yang mereka tunjukkan.”

Peningkatan drastis performa Racing Point di awal musim ini juga jadi pemicu bagi Renault memutuskan untuk mengajukan protes terhadap mobil tersebut, mereka mencurigai Racing Point secara langsung menyalin mobil Mercedes W10 musim lalu.

Sementara FIA pun mengatakan bahwa protes Renault terhadap Racing Point dapat diterima dan saluran rem tim telah disita sehingga pemeriksaan terperinci dan akan dibandingkan dengan Mercedes versi tahun lalu.

Kepala tim McLaren, Andreas Seidl, juga punya pandangan yang sama dengan Horner bahwa Racing Point punya mobil yang super cepat pada balapan tersebut. Pun demikian ia tak terlalu mengkhawatirkan masalah tersebut.

"Itu bukan urusan saya, karena hanya mengkonfirmasi gambar yang telah kita lihat di Barcelona dan juga pada hari Jumat di sini,” tutur Seidl

“Hanya fakta bahwa Mercedes berusia satu tahun ini hanyalah mobil cepat, yang dioperasikan oleh tim yang hebat. Kita tahu bahwa dengan perkembangan yang kita lakukan selama musim dingin, kita memang membuat langkah untuk sampai ke Mercedes tahun lalu. Jadi jika mereka mengekstrak lebih banyak dari mobil ini, sulit bagi kita untuk bersaing.”

Menurutnya, hal ini justru membuat timnya makin terpacu untuk mengembangkan mobil hingga menyamai performa mobil dari tim-tim papan atas.

“Oleh karena itu sangat penting bagi kami sekarang untuk memastikan kami terus mengembangkan mobil kami, terus meningkatkannya dan pada saat yang sama untuk memaksimalkan peluang, yang kami lakukan juga di balapan pertama dengan pebalap yang sangat baik dan saya pikir banyak keputusan yang tepat dalam hal strategi," tukasnya.

Artikel Tag: Red Bull, Racing Point, GP Styiria

5773  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini