Aston Martin Akui Salah Terapkan Strategi Ban di Monako

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 02 Jun 2023, 23:40 WIB
Aston Martin, Fernando Alonso

Fernando Alonso

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Prinsipal Aston Martin, Mike Krack, mengaku salah menilai situasi dalam balapan utama GP Monako sehingga keliru memilihkan ban untuk Fernando Alonso.

Fernando Alonso harus puas hanya finis kedua di GP Monako, sedangkan Max Verstappen keluar sebagai pemenang. Ketika hujan deras mengguyur Sirkuit Monte Carlo di tengah perlombaan, situasi menjadi kacau balau. Semua tim bergegas memerintahkan para pebalap untuk berganti ke ban Intermediate.

Alonso diketahui memasang satu set ban Medium pada lap ke-55 karena hujan baru saja turun. Akan tetapi cuaca semakin buruk di menit-menit berikutnya, memaksa pria tertua di grid F1 2023 tersebut untuk menuju ke pit.

Verstappen mampu bertahan di trek lebih lama sebelum melakukan pitstop tunggalnya. Ia meninggalkan sang rival dengan keunggulan waktu sangat besar hingga mencapai garis finis.

Menjelaskan keputusan Aston Martin memanggil Fernando Alonso untuk segera ke pit sebelum Max Verstappen melakukan hal serupa, Mike Krack selaku prinsipal tim mengakui ada kekeliruan dalam menilai situasi.

“Sejujurnya, kami tidak mengantisipasi hujan yang begitu deras. Jadi kami pikir hanya hujan sesaat dan cepat kering karena treknya sangat panas,” ucap Krack, dilansir dari Crash.

“Sejujurnya, kami pikir kami bisa mencapai akhir dengan Medium. Tapi kami sedikit salah menilai bahwa hujan turun, karena di sebagian trek butuh waktu lama sebelum hujan mulai turun dan hujan turun paling sedikit.”

“Mungkin itu sedikit salah menilai, karena kami juga berpikir bahwa Intermediate akan sangat habis dengan cepat di bagian trek ini. Pada akhirnya, itu adalah keputusan sadar untuk menggunakan Medium. Dan kami melihat satu putaran kemudian bahwa itu tidak akan berhasil,” imbuh pria asal Jerman tersebut.

Keputusan tim asal Silverstone untuk tidak langsung memakai ban Intermediate di tengah kondisi hujan membuat publik beranggapan bahwa mereka telah melepas peluang untuk meraih kemenangan di GP Monako.

Tapi Fernando Alonso membela strategi Aston Martin dan menegaskan jika pihaknya memang tidak tidak memiliki kesempatan untuk menang karena Verstappen unggul 15 sampai 20 detik didepannya.

Artikel Tag: aston martin, Fernando Alonso, F1 2023, gp monako

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/aston-martin-akui-salah-terapkan-strategi-ban-di-monako
1056  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini