Terbukti Gunakan Joki, Spot Assault di DPC 2021 Digantikan Army Geniuses

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Jumat 15 Jan 2021, 11:00 WIB
Terbukti Gunakan Joki, Spot Assault di DPC 2021 Digantikan Army Geniuses

Army Geniuses via One Esports

Berita Esports : Assault, tim asal Malaysia harus merelakan tempat mereka di ajang Dota Pro Circuit (DPC) 2021 SEA digantikan oleh Army Geniuses, usai didiskualifikasi akibat terbukti menggunakan joki.

Hal tersebut telah diumumkan oleh PGL, selaku penyelenggara DPC 2021 SEA dalam akun Twitter mereka, Kamis (14/1).

Sebelumnya, Assault merupakan salah satu dari delapan tim yang melaju ke Lower League DPC 2021 SEA, setelah finis di empat besar pada tahap 2 kualifikasi tertutup. Tim diisi oleh para pemain populer seperti mantan pemain LGD.int Wang "Gy" Kok Guan dan Raymond "Rayy" Then Wan Jia, dan pemain senior Siong Tait "JoHnNy" Lee.

Dalam kasus joki atau berbagi akun ini, PGL tidak menunjuk secara spesifik pemain mana yang terbukti melakukan joki. Perihal konteks peristiwa ini, joki mengacu pada pemain yang membagikan akun Dota 2 miliknya kepada pemain lain, sehingga pemain tersebut dapat bermain dalam pertandingan profesional dengan 'menyamar' sebagai pemain sebelumnya.

Dilansir One Esports, kasus diskualifikasi yang menimpa tim Malaysia tersebut adalah kasus diskualifikasi keempat yang telah terjadi selama DPC 2021 ini. Tiga kasus sebelumnya terjadi di wilayah Asia Tenggara dan Amerika Utara.

Kasus diskualifikasi pertama diberikan pada tim VisDota 2 pada 7 Januari, yang terbukti menggunakan pemain yang merupakan pemain black-list Valve. Mereka pun dilarang tampil di tahap kedua kualifikasi tertutup dan kualifikasi terbuka liga regional SEA berikutnya.

Sanksi diskualifikasi berikutnya menimpa tim Amerika Utara VirtusProPolar di tanggal yang sama dengan VisDota2, akibat menggunakan pemain stand-in illegal. Lalu pada 10 Januari, giliran pemain tim Aristoteles, Jimmy "DeMon" Ho yang didiskualifikasi akibat dinyatakan terlibat dalam kasus pelecehan pada kejuaraan sebelumnya.

Sampai saat ini, belum ada pernyataan apa pun dari Valve terkait didiskualifikasinya Assault. Yang pasti, spot mereka di DPC 2021 SEA akan digantikan oleh Army Geniuses, tim dari Indonesia.

Artikel Tag: Assault, Army Geniuses, Dota Pro Circuit 2021 SEA, Esports

682  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini