Shenzhen Resmi Jadi Tuan Rumah Final LoL Worlds Championship 2021

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Minggu 10 Jan 2021, 07:00 WIB
Shenzhen Resmi Jadi Tuan Rumah Final LoL Worlds Championship 2021

Shenzhen via TJ Sports

Berita Esports: Shenzhen, salah satu kota di Tiongkok, resmi menjadi tuan rumah untuk final kompetisi esports terbesar dunia, League of Legends Worlds Championship 2021 (LoL).

Pengumuman itu disampaikan oleh Head of Global Esports Riot Games, John Needham pada hari Jumat (8/1). Perusahaan dan pemerintah Tiongkok juga berencana menerapkan strategi tur multi-city melalui wilayah tuan rumahnya.

"Worlds (LoL Worlds Championship) 2021 bertujuan untuk menjadi turnamen esports terbesar yang pernah ada, dan memenangkan acara olahraga terbesar di planet ini," ujar Needham dalam video pengumuman dikutip dari Pandaily.

Pada gelaran Worlds 2020, tur multi-kota tidak dilakukan oleh Riot Games untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun bergulirnya turnamen, akibat pandemi Covid-19. Seluruh rangkaian kompetisi diselenggarakan selama sebulan di Shanghai, dan putaran final digelar di Shanghai Pudong Football Stadium dengan dihadiri lebih dari 6.312 penggemar.

Sedangkan penayangan partai final yang mempertemukan tim Tiongkok Suning melawan DAMWON Gaming (DWG) wakil Korea Selatan, mampu memecahkan rekor penonton, mencapai rata-rata lebih dari 23 juta menit penonton di semua platform.

Sebelumnya, LoL Worlds Championship 2021 direncanakan untuk digelar di Amerika Serikat. Tapi rencana berubah karena Tiongkok berhasil mengendalikan pandemi Covid-19, sehingga mereka dipilih untuk terus menjadi tuan rumah turnamen tersebut untuk tahun ini, sementara AS akan jadi tuan rumah di tahun 2022.

Dilansir Pandaily, kota Shenzhen disebut sebagai pusat ekonomi Tiongkok karena merupakan rumah bagi perusahaan besar negara tersebut seperti Tencent, Huawei, dan Vanke. Tencent juga pemilik penuh Riot Games, developer dari League of Legends. Baru-baru ini, beberapa pemerintah kota Negeri Tirai Bambu menunjukkan keseriusannya terhadap esports, usai merilis kebijakan dan rencana pendukung untuk mengembangkan infrastruktur esports lokal.

Seperti kompetisi LoL Worlds Championship sebelumnya, tur kota ini terdiri dari enam kota. Walaupun Shenzhen dpastikan sebagai tuan rumah Final Worlds 2021, tiga kota lainnya kemungkinan besar adalah Beijing, Wuhan, dan Shanghai. Sedangkan dua kota lain yang dapat dipilih, bisa dari Xi'an, Chengdu, Chongqing, Suzhou, Hainan, atau Foshan, tergantung dukungan esports dari pemerintah kota-kota tersebut saat ini.

Artikel Tag: Shenzhen, League of Legends Worlds Championship, Worlds 2021, Esports

530  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini