Roadshow IGDX 2023, Cara Promosikan Industri Game kepada Mahasiswa

Penulis: Rei Darius
Kamis 07 Des 2023, 22:42 WIB
IGDX

IGDX gelar roadshow untuk promosikan industri game kepada mahasiswa (Image: IGDX)

Ligaolahraga.com -

Berita Esports: Sebagai salah satu rangkaian dari acara Indonesia Game Developer Exchange (IGDX), beberapa roadshow offline dan webinar digelar. Melalui dua rangkaian acara ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) ingin meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang industri game kepada para pelajar dan mahasiswa di Yogyakarta, Malang dan Denpasar. Selain digelar di kampus ternama masing-masing kota, roadshow ini juga ditayangkan secara online melalui live streaming di kanal YouTube IGDX.

Untuk kota pertama adalah kota Yogyakarta, Roadshow diadakan di STMM MMTC, Yogyakarta. Dengan yang bertugas sebagai pembicara adalah Sarah Johana selaku Head of Marketing dari Toge Productions dan juga Dimas Novan Delfiano selaku Director of Game dari Mojiken Studio, dipandu oleh RB Hendri Kuswantoro selaku Head of Game Technology dari STMM MMTC Yogyakarta. Dalam roadshow kali ini, mereka akan membahas dua hal penting yakni, The Role of Educational Institutions to Create Top Talents for the Game Industry dan juga Behind the Scenes of “A Space For the Unbounds”: How to Attract Local Gamers. Berlangsung pada tanggal 24 Juni 2023.

Untuk Roadshow kedua berlanjut di Kota Malang, Jawa Timur di Universitas Brawijaya dengan menghadirkan Riris Marpaung selaku Founder dan CEO dari GameChanger Studio dan juga Adib Toriq selaku Founder dan CEO dari Algorocks dan dipandu oleh Ibnu Raziq, Deputy of Talent Development untuk AGI. Dengan bahasan menarik yakni How I Jump into the Game Industry, berlangsung pada tanggal 22 Juli 2023.

Roadshow ketiga atau yang terakhir berlangsung di Denpasar, Bali di Universitas Primakara. Kali ini menghadirkan Wafi Harowa,Head of Technology dari Agate Studio dan Eldwin Viriya, Founder dan CEO dari Own Games Studio dan dipandu oleh Irfan Sarwono selaku CEO dari Xelo Games. Build Career in the Game Developer Industry adalah bahasan menarik untuk Roadshow kali ini, berlangsung pada tanggal 22 September 2023.

Para profesional dan pakar industri ini memberikan informasi yang mendalam dengan para peserta, mulai dari bagaimana memulai karir di industri game, hingga bedah dapur pengembangan satu game tertentu. Roadshow IGDX 2023 ini juga menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan para profesional di industri game, mempelajari tren terbaru dalam pengembangan game, serta mengeksplorasi berbagai peluang pendidikan dan karir yang tersedia bagi mereka. Selain itu, di beberapa kota, roadshow IGDX juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan developer game di kota tersebut untuk memamerkan game terbaru mereka.

Dengan mengunjungi kampus-kampus dan institusi pendidikan, IGDX ingin menciptakan kesadaran tentang prospek yang menarik di industri game dan mendorong siswa untuk mengejar minat mereka terhadap pengembangan game lebih awal.

Selain menghadirkan tiga roadshow offline di tiga kota berbeda, IGDX juga menggelar 5 sesi webinar yang membedah lebih dalam beberapa topik hangat di industri game Indonesia. Sama halnya dengan roadshow offline, di webinar ini IGDX juga menggandeng beberapa kampus ternama sebagai co-organizer. Berikut rangkuman dari lima webinar tersebut.

1. Getting to Know IGDX Academy and Career Sebuah webinar yang membahas secara jelas tentang apa itu IGDX Academy dan juga IGDX Career bersama dengan Rafi dari 4 Happy Studio. Sebuah studio gim di Indonesia yang menciptakan gim dengan judul Let Me Out. Rafi bercerita tentang pengalaman dan juga insight saat dia bergabung bersama IGDX Academy.

2. Career and Guidance as a Game Developer Webinar kedua dari IGDX 2023 yang membahas soal karir impian sebagai Game Developer di Indonesia. Karir ini bisa kita bilang bukan lagi sebagai hobby tapi juga sebagai karir impian. Bersama dengan Dodick Zulaimi Sudirman, seorang co-founder dari GameChanger Studio dan berlangsung pada tanggal 13 Mei 2023.

3. Fireside chat with Gamecom: Behind the Development Sebuah webinar yang akan membahas secara detil dari development gim dengan judul Troublemaker, bersama dengan sang creator yakni Reza Febri Nanda dan juga Bima Arif Putra. Dua orang yang juga ambil bagian dalam penciptaan gim dengan gaya seperti Grand Theft Auto namun memiliki kearifan lokal ala Indonesia. Berlangsung pada 12 Juli 2023.

4. Inside the Game Industry: Strategies and Insight to Level up Your Career Siapa diantara kalian yang tertarik untuk berkarir di Gim Industri? Webinar ini jelas sangat cocok untuk kalian yang ingin memulai karir di gim industri, khususnya di Indonesia. Industri gim di Indonesia menciptakan berbagai peluang kerja yang sangat beragam, karena dalam menghasilkan sebuah gim, terdapat banyak sekali tahapan dan juga proses. Di dalam hal tersebut juga membutuhkan banyak sekali orang dengan perannya masing-masing. Dalam webinar ini akan ada dua pembicara keren yakni Sasa selaku HR Avarik Saga dan juga Ayu Putu selaku HR Lead at Alegrium, berlangsung pada tanggal 29 Juli 2023..

5. IGDX Webinar, Mobile Game 101: Best Practice Tips and Trick Sebuah webinar yang akan menjelaskan tentang langkah dasar penting bagi kalian yang ingin menciptakan games mobile. Tips dan juga Tricks terbaik akan dikupas dengan tuntas oleh Julio selaku CEO of Dream Studio dan juga Shafiq selaku Founder & CEO Gambir Studio. Berlangsung pada 9 Agustus 2023.

"IGDX dengan senang hati meluncurkan program roadshow ini sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan kami untuk membina talenta di bidang pengembangan game dan juga animasi," ujar Cipto Adiguno, selaku Presiden AGI.

"Kami percaya bahwa dengan menjangkau para pelajar di Yogyakarta, Malang, dan Denpasar, kami dapat menginspirasi dan memberdayakan generasi pengembang game dan animator berikutnya. Melalui webinar dan acara langsung di roadshow ini, IGDX berharap dapat memberikan wawasan dan bimbingan yang berharga bagi para mahasiswa yang bercita-cita untuk membangun karir yang sukses di industri ini." sambungnya.

Artikel Tag: IGDX, Kominfo, Roadshow IGDX

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/esports/roadshow-igdx-2023-cara-promosikan-industri-game-kepada-mahasiswa
1859  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini