Resmi! Esports Masuk Jadi Cabang Olahraga Eksibisi di PON XX Papua 2021

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Jumat 20 Agu 2021, 12:30 WIB
Sejarah Baru, Esports Jadi Cabor Eksibisi di PON XX Papua 2021

Jumpa Pers PBESI via ONE Esports

Ligaolahraga.com -

Berita Esports: Sejarah baru tercipta di gelaran PON XX Papua 2021, sebab untuk pertama kalinya esports akan menjadi cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di PON walau masih sebatas eksibisi.

Kepastian esports menjadi cabor eksibisi di PON XX Papua 2021 diumumkan oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) dalam jumpa pers hari Rabu (18/8), di kantor mereka di bilangan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

"Ini adalah pertama kali dalam sejarah di mana olahraga esports masuk dalam rangkaian PON," tutur Ketua Harian PBESI Komisaris Jenderal Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, dalam keterangan pers, Rabu (18/8), dikutip dari Sindonews.com.

Eksibisi esports di PON Papua ini akan mempertandingkan tiga game, yaitu Mobile Legends, Free Fire, eFootball PES 2021.

Cabor esports di PON XX Papua 2021 juga terbuka untuk umum, sehingga semua orang berhak mengikuti babak kualifikasi di setiap provinsi untuk masing-masing game yang dipertandingkan. Kualifikasi sudah akan dimulai pada 26 Agustus hingga 5 September.

Walau terbuka untuk umum, ada sejumlah persyaratan utama yang wajib dipenuhi oleh setiap pemain, di antaranya minimal telah memiliki KTP atau KIA selama dua tahun terakhir, dan tentunya tim yang mengikuti kualifikasi ini pemainnya harus berasal dari provinsi yang sama.

Para pemain yang telah memenuhi persyaratan bisa mendaftarkan diri atau tim untuk mengikuti kualifikasi di masing-masing provinsi via platform "Garudaku". Tahap pendaftaran juga telah dibuka mulai Rabu (18/8) lalu.

Babak kualifikasi provinsi esports PON Papu ini berlangsung secara online, di mana pada babak ini akan diambil satu atlet atau tim terbaik dari masing-masing nomor game yang dipertandingkan.

"Jadi, nanti akan didapat 34 perwakilan dari masing-masing cabang game. Atlet atau tim terbaik di setiap provinsi inilah yang nantinya akan bertanding di fase Pra-PON yang akan dilangsungkan pada 7-14 September 2021," jelas Frengky Ong, Sekjen PBESI, dikutip dari ONE Esports.

Pada fase Pra-PON, yang juga digelar online, akan mempertandingkan peserta dari 33 provinsi berbeda secara acak. Di nomor Free Fire akan mencari 11 tim terbaik, sedangkan untuk Mobile Legends dan eFootball PES 2021 masing-masing mencari lima tim/individu terbaik.

"Semua atlet dan tim terbaik itu akan diterbangkan ke Papua untuk mengikuti babak final atau main event PON XX Papua 2021 pada 22 hingga 26 September bersama perwakilan dari Papua yang tidak mengikuti Pra-PON karena otomatis lolos ke babak final sebagai tuan rumah. Di babak final mereka akan bertanding memperebutkan gelar juara di masing-masing game." Imbuh Frengky.

Artikel Tag: Esports, PON Papua 2021, PBESI, Mobile Legends, Free Fire, eFootball PES

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/esports/resmi-esports-masuk-jadi-cabang-olahraga-eksibisi-di-pon-xx-papua-2021
963  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini