Pandemi Melanda, Pokémon GO Malah Raup Hampir 2 Miliar Dolar

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Sabtu 09 Jan 2021, 22:00 WIB
Pandemi Melanda, Pokémon GO Malah Raup Hampir 2 Miliar Dolar

Pokémon GO via Niantic

Berita Esports : Pandemi global Covid-19 melanda dunia sejak tahun 2020 (hingga saat ini), tapi game Pokémon GO justru mampu meraup pendapatan hampir $ 2 miliar dolar.

Game yang dirilis tahun 2016 itu, mampu mempertahankan basis pemain secara besar-besaran, yang dibuktikan dengan pendapatan fantastis sepanjang tahun 2020. Padahal tahun lalu adalah tahun yang sulit, karena berlangsungnya pandemi virus corona yang melanda dunia dan berdampak pada seluruh sektor, tak terkecuali industri game.

Virus corona atau Covid-19, bahkan membuat orang-orang harus diam di rumah untuk berisolasi, karena banyak negara yang menerapkan lockdown untuk memutus penyebaran virus.

Uniknya, Pokémon GO dikenal merupakan permainan luar ruangan, di mana pemain harus berkeliling tempat untuk mencari dan menangkap Pokémon yang ada. Lantas, dengan hadirnya Covid-19 yang membuat banyak orang tidak bisa bebas beraktivitas di luar rumah, bagaimana game tersebut mampu bertahan bahkan meraup penghasilan tinggi?

Dilansir Forbes, ternyata ada cara yang ditempuh oleh developer game-nya, Niantic, yang sukses beradaptasi dengan kondisi pandemi. Mereka sadar, tidak mungkin untuk mempertahankan cara bermain GO seperti biasa, yang juga sangat berisiko sehingga mereka mulai mengubah cara bermain game agar bisa dimainkan di dalam ruangan.

Niantic mengubah hampir semua event "meet-up" besar yang dilakukan secara outdoor, menjadi secara digital. Itu membuat fitur-fitur GO seperti pertempuran, perbelanjaan, hingga pencarian Pokémon dilakukan secara jarak jauh dari dalam ruangan namun bisa tetap bermanfaat dan menyenangkan.

Faktor perubahan yang dibuat Niantic tersebut membuat Pokémon GO menjadi lebih mudah dimainkan, sebab bisa dilakukan dengan hanya diam di satu tempat. Dengan game menjadi lebih mudah dimainkan, pengguna pun mengalami peningkatan pesat yang menyebabkan mereka membuat lebih banyak pengeluaran pada hal-hal seperti raid passes, dan itu berarti lebih banyak pendapatan untuk game.

Hasilnya, Pokémon GO mampu menghasilkan sekitar $ 1,92 miliar dolar pada tahun 2020 menurut SuperData, merupakan rekor permainan tahunan sejauh ini, dan menempati peringkat kelima dari total 10 game seluler global dengan pendapatan tertinggi di tahun 2020.

Artikel Tag: Pokemon Go, Niantic, Covid-19, Esports

546  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini