Game Asli Indonesia, Lokapala Akan Dipertandingkan di PON Papua 2021

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Sabtu 19 Des 2020, 19:30 WIB
Game Indonesia Lokapala Akan Dipertandingkan di Esports PON Papua 2021

Lokapala dan KONI via Istimewa

Berita Esports : Game lokal ciptaan anak Indonesia, Lokapala, sedang diusahakan Komite Olahraga Nasional Indonesia untuk dipertandingkan pada ajang esports di PON Papua 2021 mendatang.

Dilansir dari detik.com, game lokal tersebut menjadi game esports pertama dari Indonesia sekaligus satu-satunya game dari Asia Tenggara, yang menjadi pelopor kolaborasi lintas sektor industri.

Harapannya game tersebut mampu bersaing dengan game luar negeri yang sudah menguasai pasar esports Tanah Air, sehingga industri game lokal dapat bertahan di tengah masa pandemi yang sedang terjadi. Game ini mulai dirilis pada bulan Februari 2020 yang dikembangkan oleh Antarupa Studios.

Letjen (Purn.) Marciano Norman, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), bersama para pengurus KONI Pusat mengapresiasi langkah Antarupa untuk mendukung Lokapala menjadi bagian dari esports nasional, saat melakukan kunjungan Kamis lalu (17/12).

Game dari Antarupa Studios itu dinilai berpotensi menjadi game esports lokal untuk dipertandingkan di kejuaraan esports nasional. Selain game itu juga dapat bermanfaat untuk membentuk karakter anak bangsa, karena merupakan satu-satunya game yang mengangkat delapan nilai seorang Kesatria, yang memperkenalkan kembali budaya dan sejarah yang terlupakan.

"Kita tidak menutup game impor, tetapi Lokapala sebagai game esports lokal ini harus kita support bersama dan harus kita kasih kesempatan untuk bersaing dengan game impor secara berimbang," ungkap Marciano dikutip dari detik.com.

Sejauh ini, sepertiga dari total penduduk di Indonesia yaitu yang mencapai 100 juta orang, telah bermain game dan menyumbangkan 99% pendapatan untuk game impor. Kedepannya, Norman Marciano berharap KONI bisa menjadi bagian penting, dalam mempromosikan dan mendorong Lokapala sebagai game esports nasional.

Ketua Umum KONI itu juga mengapresiasi game lokal ini dan berencana untuk membuat esports dipertandingkan sebagai cabor (cabang olahraga) eksibisi di Pekan Olahraga Nasional 2021 di Papua (PON Papua 2021), dengan menjadikannya sebagai salah satu game yang dimainkan di ajang itu.

"Esports akan menjadi salah satu cabang eksibisi pada PON ke-20 di bulan Oktober 2021 mendatang, yang bertempat di Papua. KONI melalui PB Esports akan memberikan kesempatan bagi Lokapala untuk menjadi salah satu game yang dipertandingkan." tegas Marciano.

Artikel Tag: Lokapala, Esports, KONI, PON Papua 2021

589  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini