Faker Bisa "Absen" dari Wamil Jika Raih Emas di Asian Games 2022

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Jumat 01 Jan 2021, 11:00 WIB
Faker Bisa "Absen" dari Wamil Jika Raih Emas di Asian Games 2022

Faker via LoL Esports Photos

Berita Esports : Faker sedang menjadi pemberitaan hangat oleh media Korea, karena dimungkinkan bisa saja "absen" dari wamil (wajib militer). Dia kini telah berusia 24 tahun, sehingga empat tahun lagi pemain legendaris Korea Selatan itu seharusnya mendaftar wamil di Korea.

Tapi Faker bisa saja "tidak mengikuti" wajib militer, dengan catatan ia dan tim Korea bisa meraih medali emas di Asian Games 2022 Hangzhou, Tiongkok. Seperti yang diketahui, esports rencanya akan menjadi salah satu cabang olahraga yang memperebutkan medali emas di event Asian Games 2022.

Wamil di Korea Selatan dilaksanakan selama 2 tahun dan bisa dibilang waktu yang cukup lama, khususnya untuk atlet yang sedang berada dalam karier terbaiknya. Andai esports resmi menjadi olahraga medali seperti olahraga lainnya, kemungkinan 'terbebas' dari wamil pun makin besar.

Dilansir Esports ID, menurut undang-undang di Korea, terdapat pasal yang membahas seputar memberikan ketentuan untuk wajib militer khusus yang berkaitan dengan keanggotaan olahraga dan seni :

"Atlet yang memenangkan kejuaraan di Asian Games, melalui rekomendasi tokoh penting di bidang seni dan olahraga, dapat menjadi subjek khusus dari Undang-Undang Dinas Militer Khusus." Keputusan Penegakan Hukum Dinas Militer, Pasal 68-11, Paragraf 1, No.5, seperti dikutip dari Esports ID.

Walau begitu bukan berarti Faker dan atlet lain yang meraih medali emas akan 100% terbebas dari wajib militer. Mereka akan tetap mengikuti latihan militer, hanya saja dalam waktu yang singkat yaitu selama tiga minggu. Belum lagi mereka pun harus bertugas sebagai sukarelawan selama kurang lebih 544 jam selama 34 bulan. Ini pernah dilakukan sebelumnya oleh pemain Tottenham Son Heung-min, saat ia dan timnas Korea Selatan memenangkan medali emas di Asian Games 2018.

Di bawah hukum undang-undang di Korea, memang tidak ada pria yang sehat secara jasmani dan mental bisa absen dari kewajiban militer. Bahkan sederet artis pria K-Pop pun banyak yang harus rehat sejenak dari kegiatan entertainment mereka untuk menjalani wamil.

Namun tetap saja kesempatan ini sangat baik untuk Faker dan pemain League of Legends Korea lainnya. Walaupun Asian Games masih dua tahun lagi, Faker tetap wajib menjaga performanya agar berkesempatan terpilih mewakili tim League of Legends Korea Selatan di Asian Games 2022. Apalagi akan banyak tim kuat yang juga tampil di ajang itu, seperti tim Tiongkok misalnya.

Artikel Tag: Faker, Wajib Militer, Son Heung Min, Esports, Asian Games 2022 Hangzhou

551  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini