Bagaimana Jaga Kesehatan Mata Para Pecandu Games Online

Penulis: Senandung Mega
Minggu 17 Mar 2019, 23:00 WIB
Bagaimana Jaga Kesehatan Mata Para Pecandu Games Online

Kesehatan Mata

Ligaolahraga.com -

Hobi bermain game kini semakin meluas, tidak hanya digemari oleh kaum remaja dan anak kecil saja, bermain game juga menjadi pelepas penat bagi orang dewasa. Namun ada hobi yang satu ini juga memiliki efek negatif untuk kesehatan, salah satunya adalah kesehatan mata. 

Efek tersebut tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan terutama bagi para atlet eSport yang kini semakin banyak. Mata adalah aset penting bagi para atlet tersebut, karena mereka harus tahan untuk terus memandang layar monitor untuk bertanding dan menangkang semua informasi visual selama berjam-jam lamanya. 

Bahkan bagi para profesional, mereka harus tahan menatap layar selama 8 jam hingga 12 jam ketika bertanding maupun melakukan latihan. Sering berhadapan dengan layar monitor untuk waktu yang cukup lama dapat membuat mata anda merasa gatal, kemerahan, mata kering bahkan membuat anda pusing hingga sulit untuk berkonsentrasi. Karena itu para atlet eSport harus terus memperhatikan tips-tips kesehatan terutama untuk mata.

Berikut ini tips jitu untuk menjaga kesehatan mata ala atlet eSport.

1. Sering istirahatkan mata

Memang mengistirahatkan mata membuat anda harus berhenti bermain untuk beberapa waktu, akan tetapi istirahat tersebut sangat bagus untuk mata. Akan lebih baik untuk melihat warna hijau di benda-benda sekitar ketika mengistirahatkan mata. Selain itu tidur teratur dan tidak memaksakan tubuh ketika sudah lelah juga membuat mata anda lebih sehat.

2. Perhatikan konsumsi makanan

Perhatikan menu makanan yang anda makan sehari-hari, pastikan jumlah gizinya cukup untuk kesehatan tubuh dan mata anda. Beberapa bahan makanan yang mengandung banyak gizi seperti sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin A, vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Selain itu kandungan dalam bahan makanan tersebut dapat mencegah mata anda cepat mengalami penurunan fungsi. 

3. Sesuaikan cahaya monitor dengan lingkungan

Jarak antara mata anda dengan layar monitor disarankan sekitar 70 cm dan tidak boleh lebih dekat dari itu. Selain itu ada baiknya untuk mengatur kecerahan layar monitor sebelum menggunakannya, dan disesuaikan dengan lingkungan sekitar. Agar cahaya dari lampu tidak memantul ke mata anda lewat layar monitor, miringkan layar anda sekitar 155 derajat. 

Artikel Tag: atlet esport, kesehatan mata, tips jaga kesehatan mata

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/esports/bagaimana-jaga-kesehatan-mata-para-pecandu-games-online
5294  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa
Anonymous
Anonymous
15 Juni 2020 10:54
Terimakasih informasinya kaa
Terima kasih, balasan untuk komentar ini sedang dimoderisasi.
160 karakter tersisa