Ze Valente Pantang Berpuas Diri, Optimistis Tatap 4 Laga Sisa

Penulis: Dayat Huri
Jumat 31 Mar 2023, 07:30 WIB
Gelandang andalan Persebaya Surabaya, Ze Valente

Gelandang andalan Persebaya Surabaya, Ze Valente/foto dok Persebaya Surabaya

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Gelandang asal Portugal, Ze Valente langsung menjadi bagian penting Persebaya Surabaya setelah didatangkan pada bursa transfer paruh musim Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 dari PSS Sleman, awal Januari 2023 lalu.

Dia tercatat selalu main 90 menit dalam 13 laga. Prinsip yang dipegangnya bersama para pemain Persebaya Surabaya lain adalah harus lebih baik dari satu pertandingan ke pertandingan berikutnya.

Dalam laga terakhir kontra PSIS Semarang, Rabu (29/3) malam, pemain dengan punggung 10 itu gagal mengeksekusi penalti. Namun, itu tidak menyurutkan perannya sepanjang pertandingan. Ia mampu jadi konduktor permainan, mengatur tempo dan serangan. Bajul Ijo pun akhirnya mampu menutup laga dengan kemenangan 2-1 meski sempet tertinggal 0-1.

"Saya selalu mencoba agar setiap rekan setim berkembang setiap hari. Termasuk saya sendiri, saya adalah orang yang menuntut banyak hal dari diri saya sendiri ketika saya gagal, itu adalah bagian dari sepak bola," kata Ze Valente tentang perjalanannya menjadi pemain kunci Bajul Ijo seperti dikutip dari laman resmi klub.

Kemampuannya dalam mengkoordinir lini tengah pun telah diapresiasi manajemen dengan memberikan perpanjangan kontrak meski kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 belum berakhir. Perpanjangan kontrak yang didapatnya pun tidak hanya satu tahun, namun dua tahun. Ia akan menjadi pemain Persebaya Surabaya sampai 2025.

Mantan pemain PSS Sleman itu tidak segan untuk berbagi ilmu pada rekan-rekannya.

"Saya ingin rekan-rekan setim dapat berkembang dan menjadi pemain yang lebih kuat secara mental dan konsisten," ucapnya.

Dalam laga melawan PSIS Semarang, Ze Valente mendapatkan kehormatan. Untuk kali pertama di Persebaya Surabaya ia menjadi kapten sejak menit awal. Kebetulan, Alwi Slamat yang merupakan kapten pertama absen karena akumulasi kartu. Sebelumnya ia pernah menjadi kapten saat Persebaya bersua Persik Kediri. Namun, itu terjadi di babak kedua ketika Alwi ditarik keluar.

Musim ini, Persebaya Surabaya masih menyisakan empat pertandingan, yakni kontra Persija Jakarta, Persis Solo, Arema FC, dan Dewa United FC. Konsistensi dan leadership Ze Valente tentu dibutuhkan menyapu bersih empat laga itu.

Artikel Tag: ze valente, Liga 1, Persebaya Surabaya, PSIS Semarang

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/ze-valente-pantang-berpuas-diri-optimistis-tatap-4-laga-sisa
718  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini