West Ham Anjlok, Komentar David Moyes Dituding jadi Penyebab

Penulis: Fery Andriyansyah
Selasa 28 Mei 2024, 06:00 WIB
Kevin Nolan dan David Moyes saat bertugas untuk West Ham

Kevin Nolan dan David Moyes. (Foto: Richard Pelham/Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Inggris: Mantan asisten manajer West Ham United, Kevin Nolan, menuding komentar yang dibuat oleh David Moyes sebagai penyebab penurunan drastis performa The Hammers selama musim 2023-24.

Kemenangan 2-0 di laga tandang melawan Arsenal pada pekan ke-19 membuat West Ham berada di posisi keenam di klasemen dan berpeluang besar untuk lolos ke Liga Champions. Namun, The Hammers hanya berhasil memenangkan empat pertandingan Premier League lagi sebelum akhir musim, merosot ke posisi kesembilan di klasemen, dan juga tersingkir dari Piala FA di putaran ketiga oleh Bristol City.

Pada akhir Februari, spekulasi tentang kontrak baru untuk David Moyes terus berkembang, tetapi manajer asal Skotlandia itu tidak menanggapi pertanyaan tersebut, hanya menjawab kepada wartawan dalam konferensi pers: "Ada kontrak di sana untuk saya dan saya sendiri yang memutuskan untuk menunggu hingga akhir musim."

Asisten Moyes, Kevin Nolan, percaya bahwa kurangnya kepastian dari sang manajer mengenai masa depannya di klub akhirnya menyebabkan kemerosotan mereka. Mantan gelandang West Ham tersebut mengindikasikan bahwa para pemain menjadi lebih fokus pada apakah manajer mereka akan pergi daripada mendapatkan hasil di lapangan.

"Tentu saja Anda sudah mendengar rumor tersebut [mengenai kontrak baru Moyes]," ujar Nolan dalam wawancara dengan BBC Radio 5 Live. "Itu mulai tidak jelas sejak Januari ketika bos mengatakan secara terbuka, 'Kami akan membicarakannya di akhir musim'.

"Anda selalu melihat perubahan dalam sikap dan pikiran para pemain dalam situasi tersebut, dan saya pikir itu selalu terjadi karena ketidakpastian. Para pemain kemudian selalu bertanya kepada kami sebagai pelatih: 'Apa yang sedang terjadi? Apakah kamu tahu, apakah kamu mendengar sesuatu' dan kami tidak tahu. Sebanyak yang saya ingin katakan kepada para pemain, bahwa saya tahu apa yang sedang terjadi, saya sebenarnya tidak tahu sama sekali."

West Ham telah menemukan pengganti Moyes yaitu juru taktik asal Spanyol, Julen Lopetegui, yang kembali ke manajemen setelah setahun absen setelah kepergiannya dari Wolves sehari sebelum dimulainya musim 2023-24.

Artikel Tag: Kevin Nolan, David Moyes, West Ham United

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/west-ham-anjlok-komentar-david-moyes-dituding-jadi-penyebab
612  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini