Usia Muda tak Hentikan Taufiq Febriyanto untuk Ambil Lisensi Kepelatihan

Penulis: Dayat Huri
Rabu 10 Feb 2021, 16:00 WIB
Taufiq Febriyanto

Taufiq Febriyanto/foto dok Persita

Berita Liga 1 Indonesia: Meski usianya baru 23 tahun dan masih sangat muda unutk ukuran pemain sepak bola, gelandang Persita Tangerang, Taufiq Febriyanto tetap memilih ikut kursus untuk mengambil lisensi kepelatihan.

Dia tercatat sebagai salah satu peserta kursus kepelatihan lisensi D Nasional yang dilaksanakan di Solo, Jawa Tengah, pada 30 Januari hingga 6 Februari lalu.

Di bawah bimbingan instruktur pelatih Kibnu Harto Slamet, Taufiq menjalani kursus kepelatihan bersama rekan-rekan pelaku sepak bola lainnya. Terkait alasannya mengambil lisensi kepelatihan di usia yang masih sangat muda, ia mengaku ingin memanfaatkan vakumnya kompetisi sepak bola tanah air dengan hal produktif.

"Mumpung kompetisi lagi belum dimulai, sambil menunggu, saya ikut kepelatihan ini. Lumayan bermanfaat juga supaya bisa berkesinambungan dengan jurusan perkuliahan yang saya ambil yaitu Kepelatihan," kata pemain kelahiran 12 Februari 1997 itu seperti dilansir laman resmi Persita Tangerang.

Selama mengikuti kursus kepelatihan, ragam aktivitas dijalani Taufiq sehari-hari. Dari pagi dimulai dengan praktek di lapangan hingga siang dan sore hari mengikuti program classroom.

"Banyak ya materi yang diberikan di sana selama kursus. Bagaimana proses melatih, penanganan cedera, mengadakan fast grassroot dan banyak lagi," tambahnya.

Masih tercatat sebagai pemain aktif, banyak keuntungan yang didapatnya dan dapat ia terapkan ketika nanti di lapangan.

"Kalau jadi pelatih, lebih tahu apa yang harus dikoreksi dan apa materi yang pas yang harus disampaikan ke pemain. Susah jadi pelatih, karena banyak yang harus dipersiapkan dan dipertanggungjawabkan juga."

Dengan mengambil lisensi di usia yang masih sangat muda, pemain dengan nomor punggung 88 itu ternyata belum berpikir apakah nanti ketika sudah pensiuan akan terjuna sebagai pelatih atau tidak.

"Belum terpikiran sih sekarang ini. Tapi nanti jika ada kesempatan dan rezeki, pastinya saya ambil lisensi yang lebih tinggi lagi. Misalnya nanti kepakai, sudah siap dan tidak membuang banyak waktu juga," jawab Taufiq.

Artikel Tag: Taufiq, persita tangerang

619  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini