Tony Sucipto Ungkap Kunci Keberhasilannya Bermain Di Banyak Posisi

Penulis: Dayat Huri
Minggu 01 Agu 2021, 09:00 WIB
Gelandang Persija Jakarta, Tony Sucipto/foto dok Persija Jakarta

Gelandang Persija Jakarta, Tony Sucipto/foto dok Persija Jakarta

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Gelandang Persija Jakarta, Tony Sucipto adalah satu dari sedikit pemain di Indonesia yang mampu bermain sama baiknya di beberapa posisi berbeda. Dia fasih memainkan peran sebagai bek tengah, bek sayap (kiri/kanan), gelandang bertahan ataupun gelandang serang.

Atas kemampuannya yang mampu bermain di hampir semua posisi tersebut, pemain 35 tahun itu selalu jadi bagian penting bagi tim yang diperkuatnya. Baik ketika masih berseragam Persib Bandung ataupun ketika memperkuat Persija Jakarta dalam beberapa musim terakhir.

Terkait peran multiposisinya tersebut, Tony mengaku tak mempermasalahkannya. Ia pun enggan memilih pos favorit di lapangan hijau.

"Bagi saya, apapun posisi yang diminta pelatih, saya siap melakukan yang terbaik demi membantu tim," ujarnya seperti dilansir laman resmi klub.

Menurutnya, yang terpenting untuk seorang pemain dalam menjalankan instruksi dari seorang pelatih adalah memahami peran dan tugas pada masing-masing posisi yang ditempatinya.

"Kuncinya adalah memahami cara kerja, tugas, dan fungsi masing-masing posisi," ungkapnya.

Untuk mendalami hal itu, Tony mengaku kerap menyimak video-video pertandingan sepak bola Eropa. Dari sana ia belajar untuk kemudian mengaplikasikannya saat di lapangan hijau. Serta tak kalah penting, menjalani sebuah ritual personal menjelang pertandingan.

"Saya selalu mensugesti diri dengan mengatakan bahwa hari ini main di posisi ini, dengan tugas seperti ini," jelasnya.

"Kalau pemain lain kan ada yang ritual bolak-balik toilet, tapi cara saya adalah mensugesti diri tentang posisi yang akan dimainkan saat itu," pungkasnya mengakhiri.

Berkat kemampuannya bermain di banyak posisi itu, dia memiliki peran cukup penting atas keberhasilan Persija Jakarta meraih trofi Piala Menpora 2021 lalu. Pada turnamen pramusim itu dia mencatatkan delapan penampilan dengan menempati berbagai posisi, mulai dari gelandang bertahan, bek tengah, dan bek sayap kiri. 

Artikel Tag: tony, persija jakarta

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/tony-sucipto-ungkap-kunci-keberhasilannya-bermain-di-banyak-posisi
438  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini