Timnas Indonesia Vs Thailand, Duel Dua Pelatih Alumnus Piala Dunia 2018

Penulis: Dayat Huri
Rabu 02 Jun 2021, 20:00 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong/foto dok pssi

Berita Timnas Indonesia: Pertandingan timnas Indonesia kontra Thailand pada lanjutan babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G dipastikan menjadi ajang adu taktik dua pelatih yang sama-sama memiliki pengalaman tampil di kompetisi sepak bola paling bergengsi sejagat, yaitu Piala Dunia 2018 Russia.

Shin Tae-yong yang kini menukangi timnas Indonesia saat itu memimpin Korea Selatan. Meski gagal membawa timnya lolos ke babak 16 besar, dia sempat membuat kejutan di pertandingan terakhir grup F dengan menaklukkan negara kuat, Jerman (2-0).

Sementara Akira Nishino yang kini dipercaya menukangi Thailand menukangi Jepang pada Piala Dunia 2018 Russia. Dia pun berhasil meraih prestasi terbaik dengan membantu timnya lolos ke babak 16 besar, setelah finish di peringkat dua grup H. Sayang, langkah mereka dihentikan oleh Belgia pada babak knock out.

Shin Tae-yong sendiri melihat sosok Akira Nishino sebagai juru taktik yang kenyang pengalaman dan juga memiliki kemampuan mumpuni.

"Pelatih tersebut, saat Piala Dunia 2018 memegang timnas Jepang, sampai masuk 16 besar, dia memang pelatih baik dan sangat berpengalaman," sebutnya seperti dilansir laman resmi PSSI.

Shin Tae-yong juga pernah mengalahkan Akira Nishino 3-0 di level klub kala Seongnam Ilhwa melawan Gamba Osaka di Liga Champions Asia tahun 2010. Menurutnya,

"Waktu itu sudah berlalu lama, 10 tahun yang lalu, itu juga antar klub, saat ini antar negara kami berdua bertemu lagi, harus lebih fokus, kami akan berusaha semaksimal mungkin, agar mendapatkan kemenangan," jelasnya.

Terakhir, dia mengutarakan terkait mental pemain, apalagi secara rekor pertemuan, skuat Garuda hanya mampu mencatatkan satu kemenangan atas Thailand dalam satu dekade terakhir.

"Pastinya akan mempengaruhi ke mental pemain, tapi saya sudah mengganti generasinya menjadi baru. Anak-anak saat ini masih muda, kalau mereka bertahan satu atau dua tahun di timnas, pasti akan terbentuk mental yang lebih baik lagi. Kedepannya pasti tidak akan gampang kalah, dan pastinya akan berakhir dengan kemenangan," harapnya.

Artikel Tag: timnas Indonesia, Shin Tae-Yong, Piala Dunia, Akira Nishino

762  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini