Timnas Indonesia U-23 Ukir Sejarah, Pertama Kali Lolos Ke Piala Asia U-23

Penulis: Dayat Huri
Rabu 13 Sep 2023, 04:30 WIB
Timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia U-23

Timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia U-23/foto dok PSSI

Ligaolahraga.com -

Berita Timnas Indonesia: Timnas Indonesia U-23 sukses mengukir sejarah, setelah memastikan diri lolos ke Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya. Perhelatan yang juga merupakan bagian dar kualifikasi Olimpiade 2024 Prancis tersebut akan digelar di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei 2024 nanti.

Timnas Indonesia U-23 memastikan langkah ke Piala Asia U-23, setelah berhasil menaklukkan Turkmenistan U-23 dengan skor 2-0 pada pertandingan kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9) malam WIB.

Hasil itu menjadikan skuat Garuda Muda lolos dengan status juara grup dengan raihan enam poin dari dua pertandingan. Turkmenistan U-23 sendiri masih harus menunggu hasil grup lain untuk dapat mengetahui apakah mereka masuk dalam daftar empat runner up terbaik atau tidak.

Di pertandingan kontra Turkmenistan U-23 tersebut, Shin Tae-yong melakukan sejumlah perubahan dari pertandingan pertama. Formasi tiga bek sejajar jadi pilihannya dengan menurunkan trio Komang Teguh, Elkan Baggott, dan kapten tim Rizky Ridho.

Dua wing back masih dipercayakan kepada Ilham Rio Fahmi di kanan dan Pratama Arhan di kiri. Sementara pos gelandang dipercayakan kepara trio Ivar Jenner, Arkhan Kaka, dan Marselino Ferdinan. Duet Rafael Struick dan Hokky Caraka dipercayakan Shin Tae-yong sebagai juru gedor.

Perubahan formasi dan susunan pemain tersebut cukup berhasil untuk membuat timnas Indonesia U-23 lebih mendominasi jalannya laga. Namun pertahanan ketat tim tamu membuat Marselino Ferdinan dan kawan-kawan kesulitan untuk dapat menciptakan peluang.

Gol yang ditunggu-tunggu sebenarnya sempat lahir ketika Hokky Caraka berhasil memanfaatkan umpan silang Pratama Arhan dari sisi kiri. Sayang, pemain Tokyo Verdy itu dinilai wasit dalam offside, sehingga gol itu dianulir.

Barulah pada menit k-40', timnas Indonesia U-23 benar-benar mampu mencetak gol melalui tendangan keras gelandang jangkar Ivar Jenner dari luar kotak penalti yang sempat membentur pemain lawan dan bersarang ke gawang Turkmenistan U-23. Skor 1-0 untuk keunggulan Garuda Muda menutup paruh pertama.

Di babak kedua, timnas Indonesia U-23 masih tampil mendominasi. Beberapa peluang berhasil didapat, diantaranya lewat Rafael Struick dan sundulan Rio Fahmi yang sempat membentur mistar gawang.

Anak asuhan Shin Tae-yong itu baru mampu menggandakan keunggulan ketika pertandingan memasuki masa injury time babak kedua lewat sundulan Pratama Arhan yang menyambut umpan pemain pengganti, Rayhan Hannan. Skor 2-0 untuk timnas Indonesia U-23 mengakhiri laga yang disaksikan langsung Presiden RI Joko Widodo itu.

Artikel Tag: timnas Indonesia U-23, piala asia U-23, Shin Tae-Yong

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/timnas-indonesia-u-23-ukir-sejarah-pertama-kali-lolos-ke-piala-asia-u-23
20242  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini