Timnas Indonesia U-23 Cukur China Taipei, Selangkah Lagi ke Piala Asia U-23

Penulis: Dayat Huri
Minggu 10 Sep 2023, 18:30 WIB
Gelandang timnas Indonesia U-23, Arkhan Fikri

Gelandang timnas Indonesia U-23, Arkhan Fikri di laga kontra China Taipei/foto dok PSSI

Ligaolahraga.com -

Berita Timnas Indonesia: Timnas Indonesia U-23 sukses memetik kemenangan telak dengan skor 9-0 atas China Taipei dengan skor telak 9-0 pada pertandingan pertama Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9) malam WIB.

Kemenangan telak tersebut menempatkan skuat Garuda Muda di puncak klasemen sementara Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 dengan koleksi tiga angka, unggul produktivitas gol dari Turkmenistan U-23 yang di laga pertama memetik kemenangan 4-0 atas China Taipei.

Timnas Indonesia U-23 hanya butuh hasil seri di pertandingan terakhir kontra Turkmenistan U-23, Selasa, 12 September 2023 untuk memastikan langkah lolos ke Piala Asia U-23 yang akan berlangsung di Qatar. Kalau pun kalah, peluang Marselino Ferdinan dan kawan-kawan tetap terbuka untuk lolos ke Qatar dengan status runner up terbaik.

Di pertandingan kontra China Taipei, Shin Tae-yong langsung menurunkan komposisi pemain terbaiknya, termasuk lima pemain yang memperkuat klub luar negeri, seperti Marselino Ferdinan (Belgia), Ivar Jenner dan Rafael Struick (Belanda), Elkan Baggott (Inggris), dan Pratama Arhan (Korsel).

Dukungan penuh publik Surabaya juga menambah motivasi tambahan timnas Indonesia U-23 yang sudah mampu unggul ketika pertandingan memasuki menit ke-2' lewat tendangan bebas Marselino Ferdinan.

Selang lima menit kemudian, Ramadhan Sananta menggandakan keunggulan tim Merah Putih. Gol ketiga lahir melalui aksi Rafael Struick yang mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-20'.

Witan Sulaeman selanjutnya memperbesar keunggulan menjadi 4-0 ketika laga berjalan setengah jam, sebelum akhirnya Ilham Rio Fahmi membawa timnas Indonesia U-23 unggul 5-0 di babak pertama.

Unggul telak di paruh pertama tak membuat Garuda Muda mengendorkan tekanan di paruh kedua. Sepak pojok Arkhan Fikri disambut tandukan Elkan Baggott yang mengubah papan skor menjadi 6-0 di menit ke-56'.

Tim asuhan Shin Tae-yong itu masih belum puas dengan keunggulan enam gol, dan selanjutnya berhasil menambah tiga gol lagi, masing-masing melalui gol kedua Marselino Ferdinan di menit ke-58', gol pemain pengganti Hokky Caraka (79'), dan Pratama Arhan (85').

Timnas Indonesia U-23 sebenarnya berpeluang mencetak gol dua digit, tapi eksekusi penalti Rafael Struick berhasil dipatahkan kiper China Taipei, Chang Hsiang-Chun di penghujung laga.

Artikel Tag: timnas Indonesia U-23, china taipei, piala asia U-23, marselino ferdinan

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/timnas-indonesia-u-23-cukur-china-taipei-selangkah-lagi-ke-piala-asia-u-23
355  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini