Timnas Indonesia Putus Kutukan di Kandang Vietnam, Wajib Tetap Jaga Fokus

Penulis: Dayat Huri
Selasa 26 Mar 2024, 23:00 WIB
Pemain bertahan timnas Indonesia, Jay Idzes merayakan gol ke gawang Vietnam

Pemain bertahan timnas Indonesia, Jay Idzes merayakan gol ke gawang Vietnam/foto dok PSSI

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Dunia: Timnas Indonesia berhasil memutus kutukan tak pernah menang di kandang Vietnam dalam 20 tahun terakhir. Hal itu setelah skuat Garuda meraih kemenangan telak 3-0 pada pertandingan keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3) malam.

Tiga gol timnas Indonesia pada pertandingan itu disumbangkan Jay Idzes pada menit ke-9', Ragnar Oratmangoen di menit ke-23', dan Ramadhan Sananta di pengujung laga pada menit 98'.

"Alhamdulillah kita berhasil meraih tiga poin di kandang Vietnam. Mental dan ketenangan para pemain tentu patut mendapatkan apresiasi," ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir seperti dikutip dari laman resmi pssi.

Dia menilai bahwa kemenangan kali ini bukan sekadar tiga poin semata. Menurut Erick Thohir, kemenangan tersebut bersejarah lantaran timnas Indonesia sudah hampir 20 tahun tidak mampu meraih poin penuh saat bertandang ke Vietnam.

"Terakhir kita menang di Vietnam itu saat Piala AFF yang namanya masih Piala Tiger pada 2004. Ini menjadi bukti perubahan baik dari sisi kualitas dan mental bertanding yang mengalami peningkatan signfikan," ucap dia.

Erick Thohir pun memuji mental bertarung para penggawa Garuda yang tak gentar bermain di kandang lawan. Kendati begitu, Erick berpesan bahwa perjuangan skuat Garuda belum selesai.

"Kita tetap fokus untuk menghadapi dua pertandingan selanjutnya di bulan Juni untuk lolos ke babak berikutnya," ujar Erick Thohir.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu mengatakan, kemenangan ini memang membuka peluang besar bagi tim asuhan Shin Tae-yong tersebut untuk lolos ke putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan otomatis merebut tiket lolos ke Piala Asia 2027.

Erick Thohir menyampaikan timnas kini berada di peringkat kedua dengan tujuh poin atau unggul empat poin dari Vietnam, mereka masih butuh satu kemenangan dari dua laga terakhir saat menjamu Irak dan Filipina di Jakarta.

"Masih ada dua laga terakhir, laga hidup mati untuk kita bisa lolos. Tetap fokus untuk kembali meraih hasil terbaik di dua laga berikutnya," terangnya.

Artikel Tag: timnas Indonesia, Piala Dunia, Erick Thohir, Shin Tae-Yong, Vietnam

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/timnas-indonesia-putus-kutukan-di-kandang-vietnam-wajib-tetap-jaga-fokus
5913  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini