Tiga Calon Ujung Tombak Timnas Italia Untuk Euro 2024

Penulis: Rheza Hendrian
Rabu 17 Apr 2024, 09:43 WIB
Striker Atalanta yaitu Gianluca Scamacca, menjadi satu dari tiga nama calon penyerang tengah Timnas Italia di ajang Euro 2024 bulan Juni mendatang / via Getty Images

Striker Atalanta yaitu Gianluca Scamacca, menjadi satu dari tiga nama calon penyerang tengah Timnas Italia di ajang Euro 2024 bulan Juni mendatang / via Getty Images

Ligaolahraga.com -

Berita Sepakbola: Bulan Juni besok, Timnas Italia berambisi mempertahankan mahkota juara mereka di ajang Euro 2024. Pelatih Luciano Spalletti sekarang mulai menyusun siapa-siapa saja pemain yang bakal dibawanya ke Jerman.

Untuk komposisi pemain sendiri, dari posisi kiper, bek sampai gelandang, Timnas Italia tidak kekurangan sosok pemain-pemain berkualitas.

Namun untuk posisi penyerang tengah, Gli Azzurri dalam beberapa tahun terakhir kesulitan untuk mencari pemain nomor 9 mumpuni.

Setelah era Mario Balotelli, Italia tidak pernah lagi punya penyerang tengah berkualitas paten. Sosok-sosok seperti Graziano Pelle, Ciro Immobile dan Andrea Belotti sudah pernah dicoba untuk mengisi posisi nomor 9.

Akan tetapi pemain-pemain tersebut gagal memberikan performa terbaik dan cuma bertahan sebentar saja di skuat Azzurri.

Untuk gelaran Euro 2024 tahun ini, Italia bisa berharap kepada striker-striker muda yang saat ini tampil impresif di ajang Serie A.

Nama pertama adalah Gianluca Scamacca, yang saat ini sedang dalam tren positif bersama Atalanta.

Dipinjamkan dari West Ham United, Gianluca Scamacca tampil oke bersama Atalanta musim ini lewat gelontoran 14 gol dan 4 assists dari 34 laga yang ia mainkan sepanjang musim.

Kemudian nama kedua yang bisa dipertimbangkan oleh Luciano Spalletti adalah penyerang milik Genoa yaitu Mateo Retegui.

Sejak di-naturalisasi di era pelatih Roberto Mancini, Retegui memang konsisten tampil tajam baik di level tim nasional atau pun klub.

Dari 6 caps-nya bersama Timnas Italia, Retegui sudah mencetak 4 gol. Catatan itu jelas membuatnya layak untuk tampil pertama kalinya membela Italia di turnamen akbar seperti Piala Eropa.

Kemudian nama terakhir yang bisa mengisi posisi nomor 9 Italia adalah penyerang milik Sassuolo yaitu Andrea Pinamonti.

Meski Sassuolo saat ini terjerembab di papan bawah klasemen Serie A, performa Pinamonti dalam urusan mencetak gol tetaplah impresif.

Produk akademi Inter itu total sudah mencetak 11 gol dan 2 assists, dari 34 laga yang ia mainkan bersama Neroverdi di sepanjang musim ini.

Penyerang 24 tahun ini kebetulan baru memiliki 1 cap saja bersama Timnas Italia dan performa impresifnya di level klub tentu membuat Pinamonti juga layak dipertimbangkan Spalletti untuk berangkat ke Euro 2024.

Artikel Tag: Timnas Italia, EURO 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/tiga-calon-ujung-tombak-timnas-italia-untuk-euro-2024
270  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini