Theo Zwanziger: DFB Berbohong Soal Kecurangan Piala Dunia 2006

Penulis: Yudha
Minggu 25 Okt 2015, 17:04 WIB
Theo Zwanziger: DFB Berbohong Soal Kecurangan Piala Dunia 2006

Theo Zwanziger merupakan mantan ketua DFB

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Mantan presiden federasi sepakbola Jerman (DFB) telah mengklaim bahwa dana suap yang digunakan Jerman untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Jerman 2006 dan ia menyatakan bahwa Wolfgang Niersbach, selaku Presiden DFB telah berbohong.

Theo Zwanziger mengaku kepada majalah Der Spiegel bahwa penggantinya dan juga saingan sengitnya, Wolfgang Niersbach, telah berbohong pada hari Kamis lalu dengan mengatakan ia tahu apa-apa tentang dana suap untuk Piala Dunia 2006.

Panitia Piala Dunia 2006 tersebut dituduh membeli suara anggota komite eksekutif FIFA asal Asia. Tuduhan itu, berawal dari aksi Robert Louis-Dreyfus, pebisnis asal Prancis yang memimpin Adidas antara tahun 1994 dan 2001, yang mengeluarkan dana sebesar 10,3 juta francs Swiss (sekitar 5 juta Euro pada saat itu) untuk mengamankan suara dari seleksi komite FIFA beranggotakan 24 orang pada Juli 2000.

Uang itu kabarnya dipakai untuk membayar empat suara Asia sebelum dibayarkan kembali ke Louis-Dreyfus melalui rekening bank FIFA di Swiss.

Sebelumnya, Pihak Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB) menegaskan kalau mereka tidak menemukan indikasi kejahatan dalam proses pemenangan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006. Mereka mempertimbangkan untuk melakukan tindakan hukum terhadap majalah tersebut.

“Asosiasi Sepakbola Jerman bereaksi dengan tekad maksimal untuk sepenuhnya membantah tuduhan tak berdasar dari majalah berita ‘Der Spiegel’, yang menyatakan telah ada ‘transaksi hitam’ di DFB dalam kaitannya dengan bidding tuan rumah Piala Dunia 2006,” demikian pernyataan pihak DFB.

“Sama signifikansinya, asosiasi membantah kesimpulan tak berdasar dari penulis kalau ada suara dari delegasi yang dibeli. DFB menyatakan, baik presiden maupun anggota panitia organisasi tidak terlibat dalam operasi ini atau mengetahuinya.”

Franz Beckenbauer yang dituduh sebagai salah satu petinggi DFB yang melakukan kecurangan juga menampil hal tersebut.

“Saya tak pernah memberikan uang kepada siapapun untuk mengamankan suara demi terpilihnya Jerman menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006. Dan saya juga yakin tak ada anggota lain dari komite ini yang melakukan itu,” ungkap Franz Beckenbauer melalui perusahaan manajemen yang mewakilinya, menurut lansiran dari Sky Sports.

Sementara itu, Theo Zwanziger baru-baru ini menyatakan bahwa DFB memang melakukan suap.

"Tanpa diragukan lagi ada dana suap terkait dengan aplikasi Jerman untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006," ungkap Theo Zwanziger, dan ia menambahkan bahwa ia percaya Wolfgang Niersbach tahu tentang ini sejak tahun 2005, dan menuduhnya berbohong, berdasarkan lansiran dari Guardian.

Artikel Tag: The Zwanziger, Timnas Jerman, DFB, Piala Dunia 2006

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/theo-zwanziger-dfb-berbohong-soal-kecurangan-piala-dunia-2006
1054  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini