Terlibat Skandal, Osasuna Dilarang Bermain di Liga Konferensi Eropa

Penulis: Depe Ptr
Rabu 05 Jul 2023, 08:47 WIB
Terlibat Skandal, Osasuna Dilarang Bermain di Liga Konferensi Eropa

Osasuna / via Gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Spanyol: Osasuna tidak akan bermain di Liga Konferensi Eropa musim depan setelah klub La Liga mengatakan pada Selasa (04/07) bahwa mereka telah dikeluarkan dari kompetisi oleh badan sepak bola kontinental UEFA karena skandal pengaturan pertandingan satu dekade lalu.

Osasuna lolos ke babak playoff Liga Konferensi Eropa setelah finis ketujuh di La Liga musim lalu.

Namun, klub itu terlibat dalam skandal pengaturan pertandingan di musim 2013-14. Pengadilan di awal tahun 2020 menghasilkan keyakinan keterlibatan beberapa mantan direktur klub, keputusan yang disambut baik oleh administrasi yang menggantikan mereka.

Di bawah aturan UEFA, tim mana pun yang terlibat dalam pengaturan pertandingan sejak April 2007 dapat dikeluarkan dari kompetisi Eropa berikutnya yang mereka ikuti. Osasuna belum lolos ke kompetisi UEFA sejak musim 2006-07.

Mereka berencana mengajukan banding atas putusan UEFA tersebut ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Keputusan UEFA berarti tim peringkat delapan La Liga, Athletic Bilbao, akan masuk ke babak playoff sebagai gantinya. Leg pertama dijadwalkan akan dilangsungkan pada 24 Agustus.

"Osasuna sama sekali tidak tahu kriteria UEFA atau penyelidikan kasus yang dilakukan dan menyesali pesan salah yang dikirim UEFA ke dunia sepak bola (dengan) menghukum mereka yang mencela korupsi dan menuntutnya di pengadilan," kata klub itu dalam sebuah pernyataan.

"Anggota Komite Banding UEFA belum memperhitungkan tuduhan yang diajukan oleh klub Jumat lalu dan telah menegaskan kembali pendapat awal dari inspektur Komite Kontrol, Etika, dan Disiplin UEFA."

Klub La Liga itu menambahkan, pihaknya akan terus menjajaki semua opsi legal untuk bisa bermain di kompetisi Eropa musim depan.

Artikel Tag: La Liga, Osasuna, Liga Konferensi Eropa

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/terlibat-skandal-osasuna-dilarang-bermain-di-liga-konferensi-eropa
753  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini