Terlalu Banyak Main Malam, Robert MInta Peninjauan Ulang Jadwal

Penulis: M. Aldi
Rabu 06 Jul 2022, 17:30 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts ketika diwawancara

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : PT. Liga Indonesia Baru sudah merilis draft jadwal Liga 1 2022/2023. Pihak Persib melalui Robert Rene Alberts pun menyoroti jumlah pertandingan malam hari yang dimainkan setidaknya hingga pekan ke-20.

Dalam draft tersebut, memang baru jadwal 20 pekan yang diberikan kepada klub. Sedangkan 17 di antaranya Maung Bandung memulai kick off jam 8 malam atau lebih. Robert Rene Alberts pun mengaku keberatan.

Dia sudah merasakan musim lalu ketika timnya mayoritas tampil larut malam. Hal itu merugikan karena pemainnya sulit melakukan recovery dengan situasi normal. Menurut dia, seharusnya agenda main malam dibagi merata kepada seluruh klub.

"Ini isu lain yang perlu dibahas. Jika melihat kami di liga dalam sistem bubble, kami tim yang paling sering bermain malam di Bali, kami bisa bermain pukul 10 atau 9.30 malam (WITA) dan itu tidak logis. Jika tim main di kompetisi, waktu kick off-nya harus dibagi rata setiap timnya," ujar Robert saat diwawancara di Stadion Sidolig.

Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa Persib memiliki pendukung masif dan dianggap seksi oleh pemilik hak siar. Karena itu pertandingan mereka disimpan di prime time. Namun imbasnya pemain harus rela bermain larut malam.

Kondisi itu memaksa anak asuhnya harus kembali ke tempat tinggalnya dini hari. Apalagi kini kompetisi dimainkan secara normal dalam format home and away. Artinya anak asuhnya juga harus melakukan perjalanan keesokan harinya jika bermain tandang.

"Harus ada azas fair play terhadap setiap tim. Apa yang terjadi jika di setiap laga bermain 8.30 atau bahkan 8.45 di laga pembuka, kami harus kembali larut malam ke hotel dan keesokan harinya melakukan perjalanan, tentu pemain akan merasa kelelahan. Proses recovery-nya akan menderita, dan jika melihat liga kita, pemain harus bertanding pada 4-5 hari berikutnya," jelas dia.

Menurut Robert, anak asuhnya sudah merasakan kesulitan ketika banyak bermain malam hari musim lalu. Oleh karena itu, dia meminta pihak manajemen untuk mengajukan surat resmi revisi jadwal untuk Persib.

"Kami sudah lihat dampaknya di Bali. Memang di Bali kami tidak perlu melakukan perjalanan, tetapi saat kembali ke hotel, pemain baru mulai bisa tidur di jam 3-4. Sekarang kami merasakan gejala yang sama dan saya rasa pihak klub, Teddy (Tjahjono) melihat ini dan berdiskusi dengan pihak operator liga," jelasnya.

Dari 20 matchday yang jadwalnya sudah dirilis, 17 kali Maung Bandung bermain pukul 8 atau lebih. Setelah itu Persija menyusul di bawahnya dengan 15 kali. Sedangkan banyak tim yang lebih diuntungkan karena cenderung lebih sering bermain sore hari.

"Harus fair play pada setiap tim. Kalau tidak salah Bali dan Bhayangkara hanya bermain empat kali di malam hari. Sedangkan kami bermain 13 kali malam hari. Jadi ini harus diperhatikan dan menjadi hak kami untuk berdiskusi dengan pihak operator," tukasnya.

Artikel Tag: Persib, robert rene alberts

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/terlalu-banyak-main-malam-robert-minta-peninjauan-ulang-jadwal
632  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini