Terdiri dari 12 Tim, European Super League Resmi Terbentuk

Penulis: Rei Darius
Senin 19 Apr 2021, 13:00 WIB
European Super League resmi terbentuk di tengah penolakan keras.

European Super League resmi terbentuk (Image: Givemesport)

Berita Sepak Bola: 12 klub besar Eropa telah mengonfirmasi rencana mereka untuk meluncurkan European Super League, yang ditentang oleh seluruh federasi sepak bola dan juga UEFA.

Ke-12 klub yang bersaing di ajang ini terdiri dari enam klub asal Inggris (Manchester City, Manchester United, Liverpool, Arsenal, Chelsea, dan Tottenham), tiga dari Spanyol (Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid), serta tiga dari Italia (Juventus, AC Milan, dan Inter Milan).

Pada Senin (19/4) pagi tadi WIB, ke-12 klub pendiri telah mengumumkan secara resmi tentang peluncuran ajang ini, diikuti dengan pernyataan resmi dari Super League sendiri.

"12 klub terbaik Eropa telah bersepakat pada hari ini untuk mengumumkan bahwa mereka sepakat untuk membentuk kompetisi tengah pekan yang baru, Super League, yang dipimpin oleh para klub pendiri," bunyi pernyataan resmi tersebut, dikutip dari Goal.

"AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur telah bergabung sebagai klub pendiri. Tiga klub lagi diperkirakan akan bergabung sebelum musim pembuka dimulai, yang diniatkan untuk dimulai sesegera mungkin."

Tujuan diselenggarakannya European Super League ini diklaim sebagai respons dari pandemi yang telah menyakiti sektor keuangan klub-klub sepak bola secara keseluruhan. Klub-klub pendiri ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas dan menciptakan format yang memungkinkan setiap klub top bersaing satu sama lain secara reguler.

UEFA, didukung oleh Premier League, La Liga, dan Serie A, telah menyatakan sikapnya tentang pembentukan liga ini; bahwa mereka menolaknya dan mengutuk semua klub yang ikut serta.

FIFA bahkan turun tangan dan tidak akan membiarkan para pemain yang pernah bermain di Super League untuk membela tim nasional masing-masing.

Artikel Tag: European Super League, UEFA, Juventus, Liverpool, Real Madrid, Manchester United, Barcelona, AC Milan, Inter Milan

1207  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini