Stadion GBLA Dinilai Penuhi Standar Keamanan dan Keselamatan

Penulis: M. Aldi
Minggu 01 Jan 2023, 05:15 WIB
Pemain Persib berlatih di GBLA

Pemain Persib ketika berlatih di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (foto: Persib official)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) diuji kelayakannya menggelar pertandingan. Tim dari Mabes Polri yang melakukan pengujian risk assessment dan hasilnya mendapat kategori "Baik".

Penilaian risiko ini meliputi beberapa aspek baik dari sarana maupun prasarana. Bobot tiap aspek juga berbeda-beda seperti infrastruktur (20 persen), kesehatan (10 persen), risiko kompetisi (20 persen), keamanan sistem manajemen pengamanan (30 persen), keselamatan (10 persen) dan informasi (10 persen).

Tim penilaian risiko untuk stadion GBLA dari Mabes Polri ini dipimpin oleh Kombes Pol Murry Mirranda, S.I.K dengan anggota Mahfud Fahrur Rozi, S.E, Dra. Yoyoh Indayah, M.Si, Ir. Dedi Murdiana,S.St, M.KE dan AKBP Yulian Perdana, S.I.K. Sedangkan dari pihak klub, Budhi Bram Rachman yang mendampingi dan menandatangani berita acara.

Setelah menjalani pemantauan dan semua aspeknya dinilai, Stadion GBLA mendapat hasil "Baik". Artinya stadion ini layak digunakan oleh Persib karena sudah memenuhi standar keselamatan dan keamanan pada kompetisi putaran kedua.

Meskipun mendapat nilai di atas standar, tapi hasil ini tidak lantas membuat pihak klub puas. Tentunya akan ada aksi yang dilakukan untuk meningkatkan standar gelaran pertandingan dari manajemen Maung Bandung dan juga dari pengelola stadion.

“Risk assessment yang diinisiasi Ditpamobvit Polda Jawa Barat kami jadikan acuan untuk memperbaiki dan itu sebagai syarat penyelenggaraan Liga 1 2022/2023. Tentunya, masih banyak hal yang perlu kami tingkatkan agar lebih baik lagi,” terang General Coordinator Persib, Budhi Bram Rachman seperti dilansir dari laman resmi Persib.

Untuk penilaian risk assessment kali ini, dilakukan lebih detil dari sebelumnya. Karena kini sudah dibuat Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2022. Ini buntut dari kejadian di Kanjuruhan yang menewaskan 135 korban jiwa.

Pemantauan kelayakan stadion sendiri dilakukan sebagai persiapan digelarnya paruh kedua Liga 1 2022/2023. Sebab rencananya kompetisi akan kembali digelar dengan sistem home and away serta bisa dihadiri oleh penonton.

Artikel Tag: GBLA, Budhi Bram Rachman, Persib

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/stadion-gbla-dinilai-penuhi-standar-keamanan-dan-keselamatan
473  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini