Setelah 24 Tahun Absen, Timnas Slovenia Siap Buat Kejutan di Euro 2024

Penulis: Depe Ptr
Selasa 04 Jun 2024, 20:39 WIB
Setelah 24 Tahun Absen, Timnas Slovenia Siap Buat Kejutan di Euro 2024

Timnas Slovenia via gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Timnas Slovenia memanfaatkan hasil imbang yang menguntungkan di kualifikasi Euro 2024 untuk lolos ke Piala Eropa kedua mereka, 24 tahun setelah penampilan debut mereka di turnamen tersebut.

Mereka hanya kalah dua kali saat finis kedua di Grup H, tertinggal satu poin dari Denmark. Mereka di depan Finlandia, Kazakhstan, Irlandia Utara, dan San Marino, untuk memastikan tempat di putaran final Piala Eropa.

Partisipasi di Jerman akan menandai turnamen internasional besar keempat bagi bekas republik Yugoslavia, yang telah bermain sebagai entitas independen sejak tahun 1992.

Selain Euro 2000, di mana mereka bermain imbang di dua pertandingan dan kalah sekali di fase grup, Slovenia juga lolos ke Piala Dunia 2002 dan 2010 namun belum pernah melampaui babak penyisihan grup.

Kemenangan atas Aljazair di Afrika Selatan pada tahun 2010 adalah satu-satunya kesuksesan mereka di turnamen besar dan terjadi di bawah asuhan pelatih Matjaz Kek, yang telah kembali untuk periode kedua.

Kek, 62 tahun, memimpin tim dengan sedikit pemain berpengalaman kecuali kapten dan kiper Jan Oblak, namun Timnas Slovenia memiliki beberapa prospek menarik.

Yang terbaik dari semuanya adalah penyerang berusia 20 tahun, Benjamin Sesko yang mencetak lima gol di babak kualifikasi dan kemungkinan akan meninggalkan klub Bundesliga, RB Leipzig untuk pindah ke Serie A musim depan.

"Dia adalah striker modern yang unggul. Saya tidak tahu di mana dia akan bermain musim depan, dia akan memutuskan. Tetapi, untuk saat ini, saya akan menikmatinya musim panas ini," kata Kek kepada wartawan Italia.

Tampil di Euro 2024 setelah lama absen merupakan sumber kebanggaan bagi Slovenia, apalagi kemenangan 2-0 atas Portugal dalam pertandingan persahabatan akan membuat mereka sulit diprediksi dan bisa saja membuat kejutan di turnamen terbesar negara-negara Eropa.

Artikel Tag: Timnas Slovenia, slovenia, EURO 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/setelah-24-tahun-absen-timnas-slovenia-siap-buat-kejutan-di-euro-2024
228  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini