Sesuai Arahan FIFA, Kongres KLB PSSI Dipercepat ke Februari

Penulis: Dayat Huri
Minggu 13 Nov 2022, 06:00 WIB
Logo PSSI

Logo PSSI

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola Nasiona: Komite Eksekutif (Exco) PSSI memutuskan untuk mempercepat Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan anggota Exco. Keputusan itu diambil sesuai dengan FIFA yang telah memberikan respon terhadap surat yang sempat dikirimkan induk organisasi sepak bola tanah air itu, beberapa waktu lalu.

Dalam surat FIFA yang dikirimkan ke federasi itu diterangkan bahwa induk organisasi sepak bola dunia itu menginginkan Kongres Biasa untuk pemilihan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) dilakukan pada 14 Januari 2023 serta menetapkan untuk KLB Pemilihan Eksekutif Komite (Ketum, Waketum, anggota Komite Eksekutif) digulirkan pada 16 Februari 2023.

Seperti diketahui, pada Jumat (28/10) lalu melalui Emergency Meeting Exco PSSI memutuskan untuk mempercepat kongres biasa pemilihan melalui tahapan mekanisme kongres luar biasa sesuai tahapan aturan organisasi.

"Kami telah menerima surat dari FIFA terkait pelaksaan kongres. Awalnya kami merencanakan kongres biasa pemilihan KP dan KBP pada 7 Januari dan kongres luar biasa pemilihan seluruh Komite Eksekutif pada 18 Maret. Namun, ada perubahan melalui surat tersebut dan kami akan mengikuti arahan," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi seperti dikutip dari laman resmi federasi.

"Dengan ini kami segera mengirimkan surat kepada seluruh voters terkait perubahan tanggal kongres sesuai jawaban dari surat FIFA," tambah Yunus Nusi.

KP dan KBP terpilih nanti akan bekerja untuk memproses menuju KLB pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif pada 16 Februari 2023.

Dorongan untuk melakukan perombakan terhadap kepengurusan induk organisasi sepak bola tanah air itu memang semakin deras pasca tragedi Kanjuruhan yang memakan korban jiwa sebanyak 135 orang. Pelaksanaan KLB itu juga sesuai dengan rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) bentukan pemerintah pasca tragedi Kanjuruhan.

Artikel Tag: PSSI, KLB, FIFA

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/sesuai-arahan-fifa-kongres-klb-pssi-dipercepat-ke-februari
431  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini