Sancho, Hakimi, dan Thuram; Bundesliga Beri Dukungan untuk Perjuangan Anti-Rasisme di Amerika Serikat

Penulis: Rei Darius
Senin 01 Jun 2020, 10:30 WIB
Sancho, Hakimi, dan Thuram; Bundesliga Beri Dukungan untuk Perjuangan Anti-Rasisme di Amerika Serikat

Marcus Thuram berlutut setelah cetak gol ke gawang Union Berlin (Image: Getty)

Berita Liga Jerman: Para pemain Bundesliga menyuarakan pesan dukungan kepada demonstrasi yang sedang berjalan di Amerika Serikat seiring dengan kematian George Floyd karena kesewenang-wenangan polisi.

Protes besar-besaran sedang terjadi di Amerika Serikat selama beberapa hari terakhir setelah kematian seorang warga negara berkulit hitam, George Floyd, karena aksi brutal kepolisian Minneapolis.

Floyd dibunuh saat sedang 'diringkus' oleh petugas polisi Derek Chauvin yang menginjak batang lehernya dengan lutut saat dia bahkan tidak memberikan perlawanan apa pun karena kesulitan bernapas.

Ini bukan merupakan kasus pembunuhan warga negara kulit hitam pertama yang dilakukan oleh polisi. Sebelumnya, Breonna Taylor juga meninggal dunia karena ditembak oleh salah seorang polisi di Louisville pada bulan Maret lalu.

Kematian-kematian warga negara berkulit hitam yang disebabkan oleh polisi di Amerika Serikat ini berujung pada kemarahan warga dalam beberapa hari terakhir, dengan demontrasi bertajuk #BlackLivesMatter di seantero negeri.

Dalam merespons permasalahan sosial yang terjadi belakangan ini, para pemain Bundesliga memberikan dukungannya kepada para pendemo anti-rasisme di Amerika Serikat lewat berbagai gestur.

Jadon Sancho baru saja mencetak hat-trick perdananya dalam karier profesional ketika Borussia Dortmund menang dengan skor 6-1 atas Paderborn di Benteler-Arena pada hari Minggu (31/5) kemarin, namun merayakan golnya dengan menyampaikan pesan lewat kaus bertuliskan "Keadilan untuk George Floyd".

Pada laga yang sama, full-back Dortmund, Achraf Hakimi, juga menyampaikan pesan serupa lewat gestur yang sama setelah mencetak gol keempat Die Borussen ke gawang Paderborn.

Beberapa jam sebelumnya, Marcus Thuram dari Borussia Monchengladbach merayakan golnya ke gawang Union Berlin dengan berlutut sebagai pertanda keberpihakannya kepada para pendemo anti-rasisme, karena George Floyd dibunuh dengan dilumpuhkan batang lehernya oleh lutut polisi Derek Chauvin.

Gelandang Amerika Serikat, Weston McKennie, juga memberikan dukungan ketika Schalke bermain pada hari Sabtu (30/5) dengan mengenakan ban kapten berwarna hitam di lengannya, bertuliskan "Keadilan untuk George".

Artikel Tag: Jadon Sancho, marcus thuram, George Floyd, Bundesliga

438  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini