banner babe

Samuel Eto'o Umumkan Pensiun Sebagai Pemain

Penulis: Rei Darius
Sabtu 07 Sep 2019, 20:00 WIB
Samuel Eto'o Umumkan Pensiun Sebagai Pemain

Samuel Eto'o umumkan pensiun dari sepak bola (Image: Getty)

Berita Sepak Bola: Striker asal Kamerun yang melegenda bersama Barcelona dan Inter Milan, Samuel Eto'o, mengumumkan untuk gantung sepatu dari lapangan hijau pada usia 38 tahun.

Eto'o, yang mencatatkan debutnya bersama tim senior mulai tahun 1997 silam, telah mencetak total 350 gol sepanjang kariernya bersama klub, memenangkan trofi Liga Champions dua kali bersama Barca dan sekali bersama Il Nerazzurri.

Bersama timnas Kamerun, ia mempersembahkan dua trofi Piala Afrika dan satu medali emas Olimpiade, Eto'o merupakan salah satu ikon sepak bola yang mengharumkan benua Afrika di mata dunia dan pensiun dengan torehan 56 gol dari 118 pertandingan bersama Si Singa Gigih.

Namun, melalui sebuah unggahan di Instagram pada hari Jumat 96/9) kemarin, Eto'o menuliskan: "AKHIR. mENUJU TANTANGAN BARU... Terima kasih kalian semua yang saya sayangi, adrenalin."

Karier teranyarnya sebagai pemain adalah menghabiskan semusim bersama klub yang bermarkas di Doha, Qatar Sports Club, dan pernah mengungkapkan di masa lalu mengenai niatannya untuk mengejar karier sebagai seorang pelatih, berkata kepada Canal+: "Saya menang di Eropa sebagai seorang pemain, saya harus bisa melakukannya sebagai seorang pelatih."

Setelah menghabiskan masa remajanya di Kadje Sports Academy di Kamerun, Eto'o digaet oleh Real Madrid ketika masih sangat muda namun hanya mencatatkan tiga penampilan di La Liga bersama tim inti.

Sukses menjalani masa pinjaman pada tahun 2000, Mallorca pun mempermanenkannya dan ia mencatatkan 54 gol dari 133 penampilan di liga domestik hingga Barcelona kepincut untuk merekrutnya pada musim panas 2004.

Dia bersinar bersama sang raksasa Catalan, mencetak 25 gol di La Liga pada musim perdananya dan 26 pada musim keduanya dengan Barca memenangkan dua gelar juara Liga Spanyol dua kali secara beruntun. Secara total, Eto'o berhasil menjuarai tiga titel La Liga, bersama dua trofi Liga Champions, sebuah gelar Copa del Rey dan dua Piala Super Spanyol.

Kesuksesannya berlanjut di Italia sejak bergabung dengan Inter pada tahun 2009, ia memenangkan satu Scudetto, satu lagi titel Liga Champions, Piala Dunia Antarklub dan dua Coppa Italia.

Setelahnya, ia melanglang buana ke Rusia bersama Anzhi Makhachkala, menjajal Premier League bersama Chelsea dan Everton, sebelum kembali ke Italia dengan singkat bersama Sampdoria. Pada tahun 2015, dia gabung dengan klub asal Turki, Antalyaspor, sebelum bermain untuk Qatar SC.

Artikel Tag: Samuel Eto'o, Barcelona, Inter Milan

712  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini